Makassar (ANTARA) - Prajurit Lantamal VI Makassar melakukan penanaman 5.000 bibit pohon bakau atau mangrove di Pantai Untia, Kecamatan Biringkanaya untuk memperingati Hari Mangrove Sedunia.

Wakil Komandan Lantamal VI Kolonel Marinir Marsono di Makassar, Rabu, mengatakan penanaman bibit mangrove itu sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dan menjadi salah satu program kerja TNI AL.

"Ini adalah salah satu wujud kepedulian TNI AL terhadap lingkungan dan juga menjadi salah satu program kerja TNI AL," ujarnya.

Baca juga: Lanal tanam 5.000 bibit bakau di pantai Sabang

Marsono mengatakan penanaman 5.000 bibit mangrove di Pantai Untia tersebut dalam rangka peringatan Hari Mangrove Sedunia serta menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI dan forum kerja sama multilateral G20 Indonesia tahun 2022.

Penanaman bibit mangrove nasional juga secara serentak dilaksanakan jajaran TNI AL di 77 lokasi dan tercatat sebaran terbanyak pada rekor Museum Rekor Indonesia (MuRI).

Baca juga: 4.000 batang mangrove ditanam TNI-AL-Semen Padang di Sungai Pinang

"Sedangkan acara penanaman mangrove dipusatkan di Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, yang dipimpin langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya," katanya.

Ia menambahkan, tema kegiatan adalah "Melalui Sinergitas Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak TA 2022, TNI AL Bersama Rakyat Siap Mendukung Program Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Global".

Baca juga: BRGM akan merehabilitasi 11.000 hektare kawasan mangrove tahun ini

Kegiatan tersebut sebagai implementasi dari program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa, dan negara.
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022