Badung (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi progres proyek pembangunan dan revitalisasi Terminal VVIP Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali menjelang Konferensi Tingkat Tinggi G20.

Progres pembangunan Terminal VVIP yang akan digunakan oleh kepala negara yang tiba di Bali saat KTT G20 tersebut saat ini telah mencapai 84,26 persen.

"Saya datang ke sini untuk melakukan pemantauan pekerjaan yang diarsiteki oleh Pak Kastawan sahabat saya, keren banget dan detail-detailnya juga sangat bagus," ujar Budi Karya Sumadi di Kabupaten Badung, Bali, Rabu.

Revitalisasi Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali itu mengusung tema arsitektur tradisional Bali, yang dikenal dengan nama Wantilan. Artinya, bangunan yang berfungsi sebagai tempat pertemuan masyarakat adat Bali.

Baca juga: Menhub pastikan Pelabuhan Sanur dapat beroperasi sebelum G20

Unsur Bali itu juga ditambah dengan ukiran ornamen, lukisan, dan tanaman khas Bali, seperti kain Songket Bali, tanaman Jepun Bali, Pucuk Rajuna, Jempiring, serta benda seni patung Garuda dan Singa Ambara Raja.

"Dengan ukiran Bali klasik tetapi kita buat minimalis. Saya berpikir bahwa ini akan menjadi satu tren, bangunan Bali dengan konsep modern dan simpel serta unik yang inspirasinya berasal dari Presiden," katanya.

Menhub Budi Karya mengatakan desain tersebut hasil kolaborasi berbagai pihak sehingga dapat menghasilkan suatu karya yang baik untuk ditampilkan kepada para kepala negara yang hadir pada KTT G20 di Bali, November mendatang.

"Kita akan pamerkan ini kepada kepala negara mancanegara dengan suatu desain yang modern tapi warna Balinya masih kental. Ada lukisan kamasan, nanti ada satu lukisan yang menjadi focal point, lukisan orang Bali juga," ungkapnya.

Baca juga: Menhub sampaikan komitmen Indonesia kurangi emisi sektor penerbangan

Dalam proyek itu, ruang lingkup pengerjaan revitalisasi terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai meliputi percantikan terminal VVIP (eksisting), pembangunan terminal VVIP (baru), penataan lansekap dan service road (baru), dan realokasi EMPU kargo dan bangunan terdampak.

"Saya yakin ini akan menjadi ikon baru bagi Bali. Catatan khususnya excellent," ujar Menhub Budi Karya Sumadi.

Dalam kunjungan kerjanya ke Bali itu, selain meninjau proyek pembangunan dan revitalisasi Terminal VVIP Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, ia juga meninjau proyek pembangunan Pelabuhan Sanur di Kota Denpasar.

Baca juga: Menhub berharap swasta ikut investasi kembangkan Bandara Komodo
Baca juga: Kemenhub siapkan konektivitas di perbatasan Indonesia - Timor Leste

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022