Batam (ANTARA) - Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan, menyambut kepulangan jamaah haji di Asrama Haji Batam Kepulauan Riau, Rabu.

"Kami dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mengucapkan selamat datang kepada bapak haji dan ibu hajjah yang telah kembali dengan selamat. Mudah-mudahan jadi haji yang mabrur, karena haji yang mabrur balasan tidak ada yang lain, selain surga Allah," kata Ria Norsan di Batam, Rabu.

Ia menyampaikan rasa syukur karena jamaah dalam musim haji 2022 ini mendapatkan keberuntungan yaitu melaksanakan wukuf di Arafah yang bertepatan dengan hari Jumat atau yang disebut Haji Akbar.

"Bapak ibu beruntung wukuf di saat hari Jumat, bertepatan dengan Haji Akbar, Alhamdulillah," katanya.

Baca juga: 10 haji Debarkasi Batam asal Kalimantan Barat lakukan tes usap PCR

Baca juga: Kemenag Kalbar siapkan pemulangan jamaah haji dari Embarkasi Batam


Sementara itu, Ketua Kloter 2 Debarkasi Hang Nadim Batam, Abdillah Master Kenan menyatakan kepulangan jamaah ke Tanah Air dengan mutasi sebanyak delapan orang.

Ia menjelaskan empat diantaranya merupakan jamaah dari Kloter 3, dua jamaah dari Kloter 4, dan dua jamaah dari Kloter 7.

"Kemarin itu ada jamaah BTH 2 yang visanya terlambat dan keberangkatannya ditunda lalu dipindahkan ke BTH 3 sebanyak empat orang. tapi dipindahkannya di Mekkah, dan kami berkoordinasi dengan sektor. Alhamdulillah, jamaah kami yang di BTH 3 bisa gabung lagi di BTH 2," kata Abdillah.

Sehingga total kepulangan jamaah Kloter 2 Debarkasi Hang Nadim Batam sebanyak 446 orang.

"Jumlah jamaah yang berangkat 434 dan 4 petugas dengan total 438 orang. kemudian pada saat kembali 442 orang dan 4 petugas dengan total 446 orang," demikian Abdillah.*

Baca juga: Usai jalani perawatan calon haji Kalbar diberangkatkan ke Tanah Suci

Baca juga: Dua calon haji Kalbar dirawat di RS Badan Pengusahaan Batam

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022