Jakarta (ANTARA) - Brunei Darussalam melengkapi seluruh kontingen peserta yang tiba di Tanah Air untuk bersaing dalam gelaran ASEAN Para Games (APG) 2022 di Solo, Jawa Tengah, 30 Juli-6 Agustus.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu, Kontingen Brunei Darussalam tiba di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, sore tadi.

"Mereka landing pukul 15:11 WIB. Kontingen dari luar negeri sudah datang semua. Brunei Darussalam paling terakhir," kata Legal Compliance and Stakeholder Relation Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Gerrie Razzaq.

Sebelumnya beberapa negara sudah tiba di Kota Solo. Laos jadi negara pertama yang datang pada Sabtu (23/7). Kemudian rombongan besar lainnya tiba di Bandara Adi Soemarmo pada Selasa (26/7) terdiri dari Kontingen Myanmar, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, Singapura, Kamboja, dan Timor Leste.

Baca juga: Kontingen ASEAN Para Games Solo mulai berdatangan

Panitia pun menyambut kedatangan seluruh peserta dengan alunan musik Jawa yang disajikan sebagai salah satu hiburan, sekaligus ajang promosi kebudayaan yang ada di Indonesia.

"Setelah tiba di bandara, mereka didata oleh INASPOC (panitia penyelenggara ASEAN Para Games), setelah itu baru sukarelawan akan memecah para atlet ke dalam beberapa cabang olahraga untuk dibawa ke hotel yang berbeda," kata Gerrie menambahkan.

Dalam APG 2022, Indonesia selaku tuan rumah memiliki jumlah atlet terbanyak, yakni 324 atlet. Kemudian Thailand mengirim 303 wakil.

Sisanya, Vietnam (119 atlet), Kamboja (112), Filipina (144), Malaysia (70), Myanmar (69), Singapura (37 atlet), Laos (37), Timor Leste (15 atlet), dan Brunei Darussalam dengan kontingen paling sedikit yakni 13 atlet.

Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta sambut kedatangan atlet ASEAN Para Games 2022
Baca juga: 14 arena cabang olahraga APG 2022 di Solo semua siap

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022