Saya yakin bonus itu, akan ada, karena kebijakan pemerintah sekarang khususnya, Bapak Presiden memberikan kesetaraan antara atlet umum dan disabilitas
Solo (ANTARA) - National Paralympic Comittee (NPC) Indonesia mengatakan Pemerintah sudah memikirkan soal penghargaan atau bonus bagi para atlet yang meraih prestasi pada ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Solo.

"Soal bonus para atlet berprestasi pada APG XI 2022 dan Indonesia menjadi juara umum dengan 175 medali emas, 144 perak dan 107 perunggu, tidak perlu khawatir karena sudah dipikirkan oleh pemerintah," kata Ketua NPC Indonesia, Senny Marbun, di Solo, Minggu.

Menurut Senny Marbun soal bonus atlet peraih medali sudah dipikirkan oleh pemerintah. Namun, mengenai besarannya ia mengaku tidak tahu, tetapi ia berharap sama dengan bonus atlet SEA Games di Vietnam.

Baca juga: ASEAN Para Games membuat Menpora harus minta maaf kepada Menkeu

"Pokok berdoa saja bonus sama dengan atlet non difabel. Bonus untuk atlet akan masuk ke nomor rekeningnya atlet masing-masing. Pemberian bonus akan bertahap dan atlet tidak perlu khawatir soal bonus," kata Senny.

Menyinggung soal persiapan NPC Indonesia dalam waktu dekat ini, Senny mengatakan NPC menunggu persiapan pemusatan latihan menuju ASEAN Para Games XII di Kamboja, pada Juli 2023.

"Kami akan melakukan persiapan para atlet NPC Indonesia untuk mulai pemusatan latihan di Solo, APG Kamboja digelar pada Juli 2023," kata Senny Marbun.

Menurut Senny Marbun untuk pemusatan latihan sebagian atlet sudah masuk di Solo, tetapi masih menunggu rekomendasi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Sementara itu, Chef de Mission (CDM) Kontingen Indonesia Adi Herman mengatakan CDM kontingen Indonesia telah mengawal dan membawa para atlet NPC Indonesia menjadi juara umum pada APG XI 2022 di Solo, dengan memperoleh 175 medali emas, 144 perak dan 107 perunggu.

Baca juga: Yogyakarta jadi tuan rumah turnamen para-badminton internasional 2022

"Penghargaan berikutnya tentu penghargaan yang kedua dari pemerintah," kata Herman.

Menurut Herman soal bonus untuk para atlet sepenuhnya diserahkan kepada pemerintah sebagai penghargaan prestasi para atlet.

"Berapa besarnya penghargaan itu, sepenuhnya tergantung pemerintah. Saya yakin bonus itu, akan ada, karena kebijakan pemerintah sekarang khususnya, Bapak Presiden memberikan kesetaraan antara atlet umum dan disabilitas," kata Herman.

Sehingga, jika atlet umum di SEA Games 2022 diberikan bonus, tentunya disabilitas diberikan yang sama itu. Para atlet disabilitas juga harapannya sama seperti atlet umum.

Baca juga: Sukses Solo bukti Indonesia siap gelar event internasional apa pun
 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022