Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting melengkapi khazanah berita ekonomi LKBN Antara pada Rabu (27/7), mulai dari surplus APBN semester I-2022 sebesar Rp73,6 triliun, hingga Badan Kebijakan Fiskal yang memproyeksi laju inflasi mencapai 3,5 persen sampai 4,5 persen atau lebih tinggi dari asumsi APBN 2022.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:


Sri Mulyani sebut APBN semester I-2022 surplus Rp73,6 triliun

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sepanjang semester I-2022 mengalami surplus sebesar Rp73,6 triliun atau 0,39 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

“APBN semester I masih mencatat surplus, jadi enam bulan berturut-turut APBN kita surplus. Surplus di Juni ini adalah Rp73,6 triliun,” katanya dalam Konferensi Pers APBN KiTA di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya

Airlangga: Presiden minta investasi Pelabuhan Patimban diteruskan

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Presiden RI Joko Widodo meminta agar investasi lanjutan Pelabuhan Patimban, Jawa Barat, senilai Rp9,5 triliun dapat didorong untuk diteruskan.

"Tadi disebut terkait pengembangan Pelabuhan Patimban, di mana tahap pertama investasinya dengan loan JICA sebesar Rp14 triliun, dan ini (Presiden) minta didorong untuk investasi lanjutan sebesar Rp9,5 triliun," kata Airlangga dalam keterangan daring yang dipantau di Jakarta, Rabu malam.

Baca selengkapnya

Airlangga: Presiden minta proyek "proving ground" di Bekasi dipercepat

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Presiden RI Joko Widodo meminta penyelesaian proyek proving ground atau fasilitas balai pengujian laik jalan kendaraan, yang terletak di Bekasi, dipercepat.

Hal itu disampaikan Airlangga terkait pertemuan Presiden dengan sejumlah CEO perusahaan Jepang di Tokyo, Jepang, Rabu.

"Presiden juga meminta proyek proving ground di Bekasi, yang merupakan pengetesan otomotif dalam bentuk sirkuit dengan investasi sebesar Rp1,81 triliun dilakukan percepatan," kata Airlangga dalam keterangan daring yang dipantau di Jakarta, Rabu malam.

Baca selengkapnya

 

Indonesia dapat komitmen investasi Jepang senilai 5,2 miliar dolar AS

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan sejumlah perusahaan Jepang menyampaikan minat dan rencana perluasan investasi di Indonesia senilai total 5,2 miliar dolar AS (sekira Rp75,4 triliun).

Komitmen itu disampaikan dalam kegiatan The Japan CEO Meeting 2022 di Tokyo, Jepang, Rabu (27/7), yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo dan dihadiri oleh 10 perusahaan besar Jepang yang memiliki rencana perluasan investasinya di Indonesia maupun yang sedang dalam tahap merealisasikan investasinya.

Baca selengkapnya

 

Kemenkeu perkirakan inflasi capai 4,5 persen di 2022

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu memproyeksi laju inflasi pada 2022 mencapai 3,5 persen sampai 4,5 persen secara tahunan atau lebih tinggi dari asumsi APBN 2022 sebesar tiga persen.

Ia mengatakan inflasi melampaui asumsi APBN 2022 karena kenaikan harga komoditas global terutama energi dan pangan.

"Laju inflasi 2022 diperkirakan 3,5 persen sampai 4,5 persen, ini memang lebih tinggi dari proyeksi awal APBN 2022. Kenaikan (harga komoditas global) ini tentu berpotensi meningkatkan harga komoditas dalam negeri," katanya dalam Konferensi Pers APBN KiTa secara daring yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022