Semarang (ANTARA) -
PT Perkebunan Nusantara IX sebagai anak perusahaan PTPN III (Persero) Holding Perkebunan menggandeng Pemerintah Kabupaten Pemalang menanam tebu perdana dalam rangka sinergi kerja sama perluasan area tebu di wilayah Provinsi Jawa Tengah untuk mewujudkan swasembada gula.

Melalui keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Semarang, Jumat, penanaman tebu perdana dilaksanakan di area seluas 10 hektare yang terletak di Desa Banglarangan, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Direktur Sumber Daya Manusia PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Holding Perkebunan Seger Budiarjo menyampaikan, PTPN Group sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah berusaha mewujudkan ketahanan pangan serta swasembada gula konsumsi di Indonesia.

"Sebagai salah satu upaya guna penguatan industri gula maka diperlukan kerjasama dan bersinergi dengan pemerintah daerah serta masyarakat pemilik lahan untuk perluasan areal tebu demi swasembada gula konsumsi nasional," katanya.

Selain itu, PTPN Group fokus pada perbaikan on farm dan off farm, transparansi, serta komunikasi yang baik kepada para petani tebu.

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo menyambut baik pelaksanaan tanam perdana serta program kerja sama perluasan lahan tebu di wilayah Kabupaten Pemalang.

"Dengan adanya program ini dapat memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi para petani tebu, khususnya di wilayah Kabupaten Pemalang yang memiliki potensi area lahan bengkok mencapai 989.635 hektare berupa areal pertanian yang terdiri dari sawah dan tegalan," ujarnya.

Program transformasi gula diwujudkan sebagai langkah strategis PTPN Group dalam mencapai target produktivitas gula kristal sebesar 7,5-8 ton per hektare.

Pada tahun 2022 Holding Perkebunan menargetkan produksi gula konsumsi sejumlah 1,1 juta ton dan meningkat pada tahun 2023 sebanyak 1,3 juta ton.

PT Perkebunan Nusantara IX melaksanakan penandatanganan kerja sama pemanfaatan aset untuk perluasan lahan tambak udang vaname di Afdeling Pesantren, Kabupaten Pemalang.

Kerja sama yang telah berjalan dengan PT Pasdesa Agro Agri Indonesia yaitu kerja sama operasional lahan tambak udang vaname seluas 10 hektare akan dikembangkan menjadi 25 hektare.***1***

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022