Jakarta (ANTARA) - Festival film pendek Minikino Film Week 8, Bali International Short Film Festival 2022 bisa semakin menggeliatkan industri film Indonesia, selain juga berpengaruh positif terhadap sektor wisata Bali sebagai tuan rumah.

"Minikino Film Week telah memberikan kesempatan kepada para sineas dari berbagai negara dunia untuk menampilkan karyanya. Sehingga bisa semakin menggeliatkan industri perfilman di Indonesia dan dunia. Penyelenggaraannya di Bali sejak tahun 2015 telah memberikan diferensiasi bagi sektor wisata di Bali," kata Ketua MPR Bambang Soesatyo usai menerima perwakilan dari Minikino Film Festival, di Jakarta, Jumat.

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini yakin penyelenggaraan Minikino Film Week 8 tahun ini bisa memberikan kontribusi dalam menggeliatkan sektor wisata Bali, sehingga bisa semakin memulihkan perekonomian Bali pascapandemi COVID-19.

​​Baca juga: Europe on Screen 2022 dibuka dengan pemutaran film "Do Not Hesitate"

"Sekaligus juga menjadi ajang dalam mempromosikan kembali Bali kepada dunia internasional," katanya.

Bamsoet mengatakan bahwa melalui ajang ini, film pendek ditempatkan sebagai produk budaya dan karya seni yang merefleksikan nilai-nilai sosial dan budaya. Minikino Film Week secara selektif menghadirkan pencapaian artistik dalam produksi film pendek kontemporer yang memaparkan tren budaya, estetika dan sosial terkini.

Menurutnya, pada tahun 2016 dan 2019 berturut-turut sampai tahun 2022, Minikino Film Week terpilih dari 8.000 festival film di dunia sebagai Top 100 Best Reviewed Film Festival versi film freeway. Pada 2 Februari 2021, Minikino menerima penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai organisasi festival film pendek internasional tertua di Indonesia.

"Minikino Film Week 8 juga membuka pertemuan antarbudaya, serta memberi kesempatan peserta dan penonton internasional untuk mengenal kebudayaan masyarakat Bali dengan mengajak mereka masuk ke wilayah pelosok Pulau Bali melalui berbagai acara pemutaran film di dalam festival," jelasnya.

Minikino Film Week 8 berlangsung di Bali 2-10 September 2022 dengan menayangkan 247 dari 900 film yang masuk dari 85 negara. Acara akan diselenggarakan dalam pola yang sama dengan yang telah dijalankan selama 7 tahun belakangan, sejak 2015. Seluruh sub-kegiatan digelar secara serentak di berbagai penjuru Pulau Bali selama seminggu penyelenggaraan.

Minikino Film Week merupakan satu-satunya festival film pendek internasional di kawasan Asia Tenggara yang telah diakui oleh The Short Film Conference, sebuah badan resmi konferensi film pendek dunia. Keberadaannya menjadi pintu masuk film-film pendek terbaik dunia ke kawasan Asia Tenggara.

Baca juga: Film "Autobiography" berkompetisi di festival film Venesia

Baca juga: Festival Film Venesia akan dibuka dengan film Netflix "White Noise"

Baca juga: Aktris Julianne Moore pimpin juri Festival Film Venesia

Pewarta: Suryanto
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022