Jakarta (ANTARA) - The Resonanz Children Choir (TRCC) kembali menambah prestasinya setelah pada Kamis (28/7) berhasil meraih 2 gelar juara sekaligus, yaitu Gold Medal & Champion dalam kategori Children’s Choir dan Gold Medal & Champion pada kategori Folksong di kompetisi “11th Bali International Choir Festival (BICF)”.

Kompetisi tersebut digelar sejak tanggal 25 Juli di Taksu Hall Dharma Negara Alaya, Denpasar, Bali.

Selain itu konduktor Luciana Oendoen, yang memberikan aba-aba di kategori Children’s Choir mendapatkan Special Award for Technical Artistry in Conducting, seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Persiapan TRCC jelang "11th Bali International Choir Festival"

Untuk kompetisi ini TRCC memberangkatkan 56 orang anggotanya, 22 orang dengan rentang usia 8-12 tahun dan 31 orang dengan rentang usia 13-18 tahun, dengan konduktor Luciana Oendoen pada kategori Children’s Choir dan Rainer Reviereino di kategori Folksong. Para peserta dilatih oleh David Hartono.

Bali International Choir Festival (BICF) sendiri adalah kompetisi international paduan suara yang diikuti oleh grup paduan suara maupun vokal group di berbagai usia dari dalam negeri bahkan luar negeri.

Tahun ini menjadi penyelenggaraan BICF kesebelas dan melombakan 12 kategori yaitu; Children’s Choir, Teenager’s Choir, Mixed Youth Choir, Mixed Choir, Senior Choir, Musica Sacra, Gospel & Spiritual, Music Of Religions, Pop & Jazz, Folksong, Vocal Group dan Virtual Choir.

Dalam kompetisi ini TRCC membawakan enam buah lagu termasuk tiga lagu Indonesia didalamnya, yaitu "Ondel-Ondel", "Bungong Jeumpa" dan "Cublak-Cublak Suweng".

Baca juga: Paduan suara Youth Choir Jakarta raih penghargaan di Roma

“Saya tentunya merasa bangga dan sangat bahagia untuk TRCC yang dapat memenangkan 3 sekaligus gelar di kompetisi 11th Bali International Choir Festival, saya melihat antusias anak-anak juga begitu tinggi dari saat latihan dan ketika bertanding, karena mereka sudah rindu ingin kembali meraih prestasi setelah terhalang pandemi selama 2 tahun terakhir," ujar Avip Priatna selaku direktur The Resonanz Music yang menaungi TRCC.

Avip mengatakan TRCC bertanding dan menjadi paduan suara pertama di Indonesia yang memenangkan kompetisi tertua dan tersulit di Eropa yaitu European Grand Prix for Choral Singing (EGP) di Slovenia tahun 2018.

“Kami di The Resonanz Music ingin selalu konsisten dalam berkarya serta mencetak prestasi khususnya untuk mengharumkan nama Indonesia dan menunjukkan bahwa Indonesia tidak kalah dengan negara-negara luar dalam membawakan karya-karya musik dengan kesulitan yang cukup komplek,” tutup Avip.

Baca juga: Rilis single baru, Padi Reborn ajak choir "Mahadewi" dan anak-anak

Baca juga: Riza tegaskan tak ada maksud apapun dalam video paduan suara Istiglal

Baca juga: Kanye West dan Sunday Service Choir tampil memukau di peringatan DMX

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022