Solo (ANTARA) - Lantunan lagu "Menembus Batas" yang dibawakan penyanyi Nella Kharisma menutup rangkaian upacara pembukaan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu malam.

"Melesat cepat bagaikan panah, melompat yang tinggi ke angkasa, tekad menembus batas, semangat patahkan halangan. Gerak terus tanpa lelah. Tak ada kata untuk menyerah.
Kuat teguhkan hati menembus batas diri. Selalu jadi inspirasi. Jiwa Raga siap berlaga tunjukkan pada dunia," demikian petikan dari lirik dari lagu tersebut.

Lagu sarat makna tersebut memacu semangat para atlet yang akan berlaga dalam pesta olahraga atlet disabiltas terbesar di Asia Tenggara edisi ke-11 tersebut.

Setelah itu, pesta kembang api menghiasi langit-langit Kota Solo. Dengan demikian, upacara pembukaan ASEAN Para Games 2022 selesai sekaligus menandai dimulainya persaingan atlet dari 11 negara.

Baca juga: Ganjar turut dendangkan "Bengawan Solo" di pembukaan ASEAN Para Games

Dalam upacara pembukaan kali ini diisi dengan berbagai pertunjukan. Pembukaan APG 2022 dihadiri dan dibuka oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

Selain itu, sejumlah pejabat juga hadir, di antaranya Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Yang menarik, pada pertunjukan inti tersebut penonton dilibatkan pada atraksi human configuration.

Indonesia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 menggantikan Vietnam yang memutuskan mundur. Solo menjadi kota penyelenggara setelah mendapat persetujuan dari ASEAN Para Sports Federation (APSF).

ASEAN Para Games 2022 diikuti atlet dari 11 negara di Asia Tenggara. Indonesia selaku tuan rumah menurunkan 323 atlet. Kemudian Thailand mengirim 303 wakil.

Sisanya, Vietnam (119 atlet), Kamboja (112), Filipina (144), Malaysia (70), Myanmar (69), Singapura (37 atlet), Laos (37), Timor Leste (15 atlet), dan Brunei Darussalam dengan kontingen paling sedikit yakni 13 atlet.

Mereka akan bersaing dalam 14 cabang olahraga yakni, blind judo, para-atletik, para-renang, para-tenis meja, para-bulu tangkis, para-catur, bola voli duduk, CP Football, para-angkat berat, para-panahan, boccia, goalball, bola basket kursi roda, dan tenis kursi roda.

Baca juga: Kontingen Indonesia akan kenakan batik spesial dalam defile APG 2022
Baca juga: Inaspoc sulap tribun Stadion Manahan jadi panggung wayang besar

 

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022