Jakarta (ANTARA) - Perusahaan-perusahaan yang didanai asing di China tetap optimistis terhadap prospek pembangunan dan potensi pasar China, dengan sebagian besar mempertahankan atau memperluas skala bisnis mereka pada kuartal kedua (Q2) 2022, menurut survei baru-baru ini.

Sekitar 72,5 persen dari 500 lebih perusahaan asing yang disurvei mempertahankan skala bisnis mereka pada Q2, naik 1,5 poin persentase dibandingkan hasil survei pada kuartal pertama (Q1), menurut laporan yang dirilis oleh Dewan China untuk Promosi Perdagangan Internasional.

Sekitar 18,5 persen mencatatkan ekspansi bisnis di China, menandai peningkatan 2,1 poin persentase dibanding hasil survei sebelumnya.

Survei tersebut juga menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan asing tetap optimis terhadap prospek perkembangannya di China, dengan 11,2 persen di antaranya melaporkan peningkatan investasi di ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut pada periode April-Juni.

Lebih dari 40 persen perusahaan asing yang disurvei mengatakan mereka akan memilih Chengdu dan Chongqing di China barat daya sebagai tujuan utama investasi, ungkap laporan itu.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022