Beijing (ANTARA) - Layanan komunikasi pesan singkat yang disediakan oleh Sistem Satelit Navigasi BeiDou-3 (BDS-3) China telah berkembang dari aplikasi industri menjadi aplikasi publik, menurut sebuah konferensi yang diadakan di Beijing pada Sabtu (30/7).

Serangkaian pencapaian terkait layanan komunikasi pesan singkat BDS-3 diungkapkan dalam konferensi tersebut, termasuk fungsi-fungsi telepon seluler baru dan solusi teknologi satelit-Bumi.

Layanan komunikasi pesan singkat itu merupakan hal yang unik bagi BDS, berbeda dari sistem satelit navigasi global lainnya.

Layanan tersebut mencakup China serta negara dan kawasan tetangganya, dengan biaya yang rendah, cakupan luas dan keandalan tingkat tinggi.

Layanan pesan singkat tersebut dapat secara efektif melengkapi jaringan komunikasi seluler darat dan memenuhi permintaan komunikasi darurat serta upaya pencarian dan penyelamatan di area-area tanpa jangkauan jaringan darat.

Layanan itu dapat secara aktif diterapkan guna memastikan mata pencaharian masyarakat serta mendukung kegiatan bantuan dan mitigasi bencana, upaya penyelamatan di lapangan, perikanan laut, transportasi, dan pekerjaan patroli perbatasan, ujar Yan Zhe, wakil manajer umum China North Industries Group Corporation Limited.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022