Jakarta (ANTARA) -
Dua mantan anggota Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta, Guruh Tirta Lunggana dan Riano P Ahmad, berencana menyambangi ulama PPP usai posisinya di legislatif resmi diganti oleh kader PAN lainnya sebagai pengganti antarwaktu (PAW).
 
Riano di Jakarta, Selasa, menyebutkan, setelah dirinya dan Guruh Tirta tidak menjabat sebagai anggota legislatif akan melakukan kunjungan pada ulama-ulama di Jakarta sebagai langkah untuk membesarkan partai tersebut di Jakarta.
 
"Setelah tidak lagi duduk di kursi dewan, saya dan Tirta akan fokus mengembalikan kejayaan PPP di Jakarta sesuai amanah Almarhum Haji Lulung," kata Riano.

Adapun dua politisi PAN yang dilantik sebagai PAW untuk sisa masa jabatan 2019-2024 dalam rapat paripurna DPRD DKI Jakarta Selasa ini, yakni Husen menggantikan Guruh Tirta Lunggana. Sedangkan Riano P Ahmad digantikan oleh Wawan Suhawan.
 
Terkait dengan pergantian itu, Riano P Ahmad mengaku santai dan tak masalah. Dia bersama Guruh Tirta memilih mundur dan meninggalkan kursi DPRD DKI yang masih tersisa sekitar dua tahun lagi untuk "pulang" ke partai lamanya, PPP.
 
"Tidak ada masalah. Yang namanya jabatan datangnya dari Tuhan. Ini konsekuensi yang saya ambil, mengalir saja. Saya keluar dari zona nyaman untuk sebuah perjuangan yang lebih besar," kata Riano.

Baca juga: Ketua DPRD DKI minta dilakukan sterilisasi jalur TransJakarta
Baca juga: DPRD DKI minta ASN diberi penyadaran sebagai pelayan masyarakat
 
Riano P Ahmad saat ini tercatat sebagai Ketua Umum Bamus Betawi. Sementara di PPP dia menjabat sebagai Wakil Ketua DPW PPP DKI bidang Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi (OKK).
 
Sedangkan Guruh Tirta Lunggana kini menjadi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP DKI Jakarta menggantikan sang ayah, Almarhum Haji Lulung.
 
DPRD Provinsi DKI Jakarta secara resmi melantik Husen dan Wawan Suhawan untuk menjadi anggota baru DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) menggantikan Guruh Tirta Lunggana dan Riano P Ahmad.
 
"Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri meresmikan pemberhentian Zaudara Guruh Tirta Lunggana sebagai anggota DPRD DKI Jakarta," kata Wakil Ketua DPRD DKI Zita Anjani saat memimpin rapat paripurna di Gedung DPRD, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa.
 
Hadir dalam rapat paripurna di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Ketua DPRD DKI Fraksi Gerindra Rani Mauliani, Wakil Ketua DPRD DKI Fraksi PKS Khoirudin, Wakil Ketua DPRD DKI Fraksi Demokrat Misan Samsuri, sejumlah anggota DPRD DKI dan undangan.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022