Lubukbasung,  (ANTARA) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang Pol) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menerima laporan keberadaan 18 partai politik di daerah itu.

"18 partai politik itu melaporkan ke kami setelah keluar Surat Keputusan Menkum HAM RI," kata Kepala Badan Kesbang Pol Agam, Budi Perwira Negara didampingi Kepala Bidang Politik , Afrizal di Lubukbasung, Rabu.

Ia mengatakan, ke 18 partai politik itu yakni, Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Golongan Karya.

Setelah itu, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Nasional Demokrat, Partai Bulan Bintang, Partai Berkarya, Partai Hati Nurani Rakyat.

Lalu, Partai Masyumi, Partai Nusantara, Partai Ummat, Partai Gelora, PDI Perjuangan, Partai Buruh, Partai Keadilan dan Persatuan dan Perindo.

Partai politik itu mengajukan SK kepengurusan kabupaten, domisili, kantor, biodata kepengurusan dan lainnya.

"Kita hanya menerima laporan keberadaan di Agam dan Kesbang Pol Agam membuat surat keterangan telah menerima melaporkan keberadaan partai politik itu," katanya.

Sementara Ketua KPU Agam, Riko Antoni, menambahkan KPU setempat telah melakukan sosialisasi tahapan kepada partai politik tersebut.

"Kita mengundang 18 partai politik berdasarkan data yang diterima dari Kesbang Pol Agam," katanya.

Sebelumnya, KPU Agam mengadakan sosialisasi Peraturan KPU RI Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPR dan Perwakilan Rakyat Daerah menjelang verifikasi di Aula Husni Kamil Manik lembaga itu, Senin (1/8).

Sosialisasi itu dalam rangka untuk mengenalkan dan memberikan pemahaman sejak dini terkait proses pendaftaran dan verifikasi partai politik.

Dengan cara itu, maka partai politik sudah menyiapkan data terkait verifikasi yang bakal diadakan nanti, sehingga partai politik sudah siap dalam menghadapi verifikasi faktual.

"Kita fokus pembahasan PKPU RI Nomor 4 Tahun 2022, sehingga partai politik sudah siap dalam menghadapi verifikasi nantinya," katanya.

Ia mengatakan, pendaftaran partai politik ke KPU Ri pada 1-14 Agustus 2022, verifikasi administrasi 2-14 Agustus 2022, penyampaian rekapitulasi hasil verifikasi administrasi kepada partai politik dan Bawaslu pada 14 September 2022.

Setelah itu masa perbaikan dokumen persyaratan dan penyampaian dokumen persyaratan perbaikan oleh partai politik 15-28 September 2022, verifikasi administrasi perbaikan 29 September sampai 12 Oktober 2022 dan lainnya.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022