Pohon kopi memiliki akar yang kuat dan lentur serta mampu beradaptasi dengan jenis tumbuhan lain
Jakarta (ANTARA) - Platform e-dagang Shopee kembali melanjutkan program #ShopeeTanamHutanIndonesia melalui permainan "Shopee Tanam" yang bertujuan untuk membantu pelestarian lingkungan.

Melalui program #ShopeeTanamHutanIndonesia, pengguna Shopee yang bermain permainan populer Shopee Tanam dalam aplikasi Shopee bisa mengkonversi hasil panen virtualnya menjadi 1.500 bibit pohon kopi untuk ditanam di kaki Gunung Gede Pangrango.

Pengguna Shopee yang telah ikut berdonasi pohon, akan mendapatkan apresiasi dalam bentuk 100 Koin Shopee dan sertifikat yang bisa mereka bagikan di media sosial.

Baca juga: Produk UMKM Indonesia di #ShopeeJAVAinPARIS sukses jadi primadona

Program ini hadir sejak 30 Juli hingga 5 Agustus 2022 dan menghadirkan gebrakan baru dalam aktivitas pelestarian lingkungan melalui pemanfaatan teknologi digital, sejalan dengan komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukIndonesia.

Dalam melaksanakan program ini, Shopee menggandeng Komunitas Sangga Buana.

“Pohon kopi memiliki akar yang kuat dan lentur serta mampu beradaptasi dengan jenis tumbuhan lain, sehingga mampu menjaga ketahanan tanah di sekitar aliran hulu sungai agar tidak terjadi longsor dan menimbulkan sedimentasi pada aliran sungai," ujar Relawan Komunitas Sangga Buana Aryo Salaka dalam keterangannya diterima di Jakarta, Rabu.

Kampung Ciwaluh dipilih karena lokasinya berdampingan dengan aliran Sungai Cisadane yang menjadikannya cocok untuk ditanami banyak tanaman, salah satunya kopi. Kopi pun bagi warga sekitar Kampung Ciwaluh merupakan komoditas utama sebagai sumber penghasilan.

Selain dampaknya terhadap perekonomian warga sebagai tanaman produktif, nyatanya pohon kopi juga memiliki fungsi sebagai tanaman konservasi yang baik.

Baca juga: Ratusan produk UMKM Indonesia tembus Eropa di ajang "Java in Paris"

"Akar kopi juga mampu mencari sumber resapan air tanah sehingga mampu menciptakan mata air baru di sekitarnya, meminimalisir kekeringan dan membantu petani lokal menjadi lebih produktif,” kata Aryo.

Tidak hanya itu, Kampung Ciwaluh berlokasi di hulu Sungai Cisadane, salah satu sungai besar yang mengaliri beberapa wilayah strategis lainnya seperti Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Tangerang, dan Tangerang Selatan. Jakarta dan Kota Depok pula mendapatkan pasokan air dari sungai Cisadane, tepatnya melewati Setu Cilembut.

Dengan menjaga kelestarian di Kampung Ciwaluh, diharapkan dapat berkontribusi secara positif bagi kota-kota yang dialiri Sungai Cisadane.

Sebelumnya program serupa dilaksanakan April lalu dengan aksi tanam 2.000 pohon di Hutan Kota Pesanggrahan bilangan Jakarta Selatan.

“Terbukti kalau inovasi pelestarian lingkungan secara digital yang dilakukan oleh Shopee memang dapat memacu antusiasme masyarakat untuk berkontribusi bagi lingkungan," tambah Aryo.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja menyampaikan, tujuan program ini sebagai bentuk komitmen Shopee ikut aktif melestarikan lingkungan dan melibatkan berbagai komunitas dalam setiap aktivitas. Bahkan, kegiatan ini juga diikuti oleh mitra pengemudi dan kurir Shopee.

“Sejak diadakan pertama pada April lalu, kami telah menangkap antusiasme tinggi dari Sobat Shopee yang juga ingin memberikan dampak positif terhadap lingkungan. Karenanya, kami kembali mengadakan #ShopeeTanamHutanIndonesia dalam momen Hari Konservasi Alam Nasional," ujar Handika.

Baca juga: Shopee buka lima pusat distribusi di Brazil

Baca juga: Shopee hadirkan program layanan berkurban secara daring

Baca juga: Pengamat: Penjualan lintas negara di e-dagang asing harus diatur

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022