Biasanya kalau kejuaraan di luar negeri tidak seramai ini
Solo (ANTARA) -
Arena pertandingan para-bulu tangkis dalam ASEAN Para Games 2022 di Edutorium UMS, Solo Jawa Tengah, tak pernah sepi dari penonton.
 
Sejak hari pertama Minggu (31/7), pebulu tangkis Indonesia terus mendapat dukungan penuh dari pengunjung yang hadir. Hal ini menjadi penyemangat bagi atlet untuk bisa meraih hasil terbaik dalam setiap pertandingan.
 
Pebulu tangkis SL4 Khalimatus Sadiyah mengapresiasi penonton yang tak pernah lelah mendukung atlet Indonesia saat berlaga di pesta olahraga untuk atlet disabilitas terbesar di Asia Tenggara edisi ke-11 tersebut.

Baca juga: Para-bulu tangkis kunci emas kedua di ASEAN Para Games 2022
 
"Biasanya kalau kejuaraan di luar negeri tidak seramai ini. Kalau ada suporter membuat kita mainnya makin greget. Jadi makin termotivasi untuk bisa meraih kemenangan," kata Khalimatus kepada ANTARA di Edutorium UMS, Kamis.
 
Khalimatus Sadiyah bepotensi menyabet medali emas pada nomor tunggal putri SL4+SL3 setelah sapu bersih tiga pertandingan dengan sistem round robin. Hasil tersebut membuatnya berada di puncak klasemen sementara dengan tiga poin.
 
Hari ini, atlet asal Mojokerto itu menang atas wakil Thailand Photisuppaiboon Samownkorn dengan skor 21-12, 21-9.
 
Sehari sebelumnya, Khalimatus bersama Fredy Setiawan telah memastikan medali emas nomor ganda campuran SL3-SU5 setelah berada di puncak klasemen. Upacara penyerahan medali dijadwalkan bergulir sore nanti.
 
Selain Khalimatus, pebulu tangkis SU5 Dheva Anrimusthi juga mengungkapkan dukungan penonton membuatnya termotivasi untuk bisa meraih kemenangan.
 
"Saya sangat salut kepada penonton yang terus mendukung. Tentu saja ini membuat saya percaya diri ketika bertanding," kata Dheva.

Baca juga: Dheva dan Suryo berpeluang ciptakan All Indonesia Final di APG 2022
 
Sejauh ini, para-badminton telah mengantongi dua medali emas masing-masing dari nomor beregu putra dan ganda campuran Fredy Setiawan/ Khalimatus Sadiyah.
 
Para-bulu tangkis berpotensi menambah pundi-pundi medali setelah sejumlah wakil memastikan tiket final yang bakal bergulir, esok.
 
Bahkan, Kontingen Indonesia sudah memastikan menambah emas karena dua All Indonesia Final tercipta di sektor tunggal putra SL4 yang bakal mempertemukan Fredy Setiawan dan Hikmat Ramdani yang berhasil mengalahkan lawan masing-masing pada hari ini.
 
Fredy mengunci satu tiket menuju laga puncak setelah hari ini mengalahkan wakil Thailand Kitichokwattana Chawarat dengan skor 21-9, 21-10. Sementara Hikmat menang atas wakil Malaysia Mohd Amin Burhanuddin dengan 24-22, 21-18.
 
Selain itu wakil lainnya yang memastikan tiket final adalah dari sektor ganda putra WH1-WH2 Agung Widodo/Supriadi yang mengalahkan wakil Vietnam Hoang Manh Giang/Truong Ngoc Binh dengan skor 21-8, 21-13.
 
Hingga berita ini diturunkan masih ada sejumlah wakil Indonesia yang masih berjuang untuk merebut tiket final seperti tunggal putra WH1 Agung Widodo, tunggal putra SL3 Maman Nurjaman, dan lainnya.

Baca juga: Fredy/Khalimatus buka laga para-badminton Rabu dengan kemenangan
Baca juga: Thailand konfirmasi tiga pebulu tangkis di APG 2022 terpapar COVID-19

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022