Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan bahwa tugas dan fungsi personel humas menyampaikan fakta kepada masyarakat terkait capaian atau keberhasilan pembangunan yang telah dilakukan pemerintah dalam hal ini kementerian dan lembaga.

"Humas kementerian dan lembaga harus bisa membangun narasi yang baik, bukan hanya menyampaikan berita atau sekadar menyampaikan peristiwa," kata  Bambang Soesatyo melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Hal tersebut disampaikannya saat menjadi pembicara kunci dalam Forum Tematik Bakohumas MPR RI dengan Tema "Sidang Tahunan MPR Sebagai Konvensi Ketatanegaraan" yang diadakan di Komplek Parlemen, Jakarta.

Baca juga: Bamsoet sebut MPR berupaya wujudkan PPHN

Menurut Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, narasi yang dibangun oleh humas harus bisa memengaruhi masyarakat, khususnya soal capaian pembangunan yang dilakukan pemerintah.

"Itulah fungsi dari para humas lembaga dan kementerian dalam bidang kehumasan," ujarnya.

Pada kesempatan itu, mantan Ketua DPR RI tersebut mengatakan narasi yang baik tidak memerlukan kata-kata dan kalimat panjang. Akan tetapi, yang terpenting mampu menggugah, mengubah konotasi, buah pikiran, dan persepsi publik terhadap suatu peristiwa.

Baca juga: Bamsoet dorong Pemerintah bentuk satgas atasi cacar monyet
Baca juga: Ketua MPR minta BPBD mengantisipasi puncak musim kemarau


Selain itu, Bakohumas harus bisa menjalin koordinasi dengan humas kementerian maupun lembaga agar bisa bersatu dan berjuang membangun narasi yang baik.

"Bakohumas bekerja bukan untuk kepentingan sendiri tetapi kepentingan bersama. Itulah gunanya koordinasi dan kolaborasi," ujar Bamsoet

Tidak hanya itu, kata dia, tenaga humas kementerian dan lembaga harus memaksimalkan berbagai platform yang ada. Mulai dari Facebook, Instagram, TikTok, YuoTube, Twitter, dan lain sebagainya.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022