Padang (ANTARA) - Wali Kota Bogor Bima Arya yang juga menjabat Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) mengajak anak muda dari seluruh kota di Tanah Air untuk meningkatkan kreativitas dan berperan dalam membangun wilayah.

"Mari bersama kita kumpulkan kaum muda untuk membangun kota, karena dari membangun kota itu kita mampu membangun bangsa yang kita cintai ini," kata dia di Padang, Sumatera Barat, Minggu.

Baca juga: Wali Kota Medan ajak anak muda bangkitkan perekonomian

Ia menyampaikan hal itu pada kegiatan Youth City Changer (YCC) yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional Apeksi XV di Padang.

Menurut dia, saat ini pihaknya membutuhkan kaum muda yang mampu mengubah suatu daerah lebih maju dan salah satu kuncinya adalah kreativitas.

"Untuk membangun kota atau daerah butuh kreativitas yang luar biasa agar tercipta perubahan yang lebih baik," katanya.

Baca juga: Tantangan industri hiburan & peran negara bangkitkan ekonomi kreatif

Sementara pembicara lainnya Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria mengatakan, untuk menciptakan kreativitas serta inovasi yang luar biasa, kaum muda harus diasupi dengan pemikiran yang positif serta memiliki tujuan yang bagus.

"Untuk menghadirkan pemikiran yang kreatif serta inovasi para anak muda harus memiliki percaya diri yang kuat, katanya.

Baca juga: Kreativitas anak negeri hadir dalam World Kids Carnival JFC

Oleh sebab itu, ia mengajak seluruh pemimpin memberikan keteladanan agar dapat menjadi panutan bagi kaum muda yang merupakan penerus bangsa.

Sejalan dengan itu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendorong hal kreativitas kaum muda melalui pemanfaatan teknologi informasi dan media sosial.

Baca juga: Muria Fashion Week Kudus diharapkan dorong kreativitas desainer muda

"Gunakanlah sosmed untuk berkarya, agar kreativitas tidak terbatas jika itu bersifat positif untuk memberikan warna bagi kota masing-masing," kata dia,

Ia juga mendorong kaum muda agar memiliki semangat dan motivasi tinggi agar apa yang dicita citakan sekarang jadi kenyataan di masa depan.

Baca juga: Disparekraf: Citayam Fashion Week wadah kreativitas anak muda

Sementara Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menekankan pemanfaatan teknologi digital dalam rangka menumbuhkan inovasi.

"Para anak muda mari kembangkan kreativitas melalui teknologi digital, dan menciptakan hal-hal baru yang bermanfaat di lingkungan sekitar," kata dia.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022