Jakarta (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia (DPP LVRI) mengajak akademisi dari seluruh Universitas Pembangunan Nasional (UPN), yakni UPN Veteran Jakarta, UPN Veteran Yogyakarta, dan UPN Veteran Jawa Timur, untuk mempertahankan tradisi pengabdian.

“Saya mengajak saudara-saudara mempertahankan tradisi pengabdian dan keteladanan para pendiri UPN untuk raih prestasi terbaik,” kata Ketua Umum DPP LVRI Mayjen TNI (Purn.) Saiful Sulun dalam acara peringatan Hari Veteran Nasional 2022 di Kampus UPN Veteran Negeri Jawa Timur, Rabu.

Berdasarkan keterangan yang diterima, Saiful juga mengajak para pengajar UPN untuk mengembangkan jiwa, semangat, dan nilai-nilai 1945 atau JSN’45 untuk menjadi materi menarik guna membangun karakter perjuangan bagi generasi muda, khususnya mahasiswa UPN.

DPP LVRI merayakan Hari Veteran Nasional bersama akademisi dari tiga Universitas Pembangunan Nasional (UPN), yakni UPN Veteran Jakarta, UPN Veteran Yogyakarta, dan UPN Veteran Jawa Timur.

“Sungguh menggembirakan menyaksikan UPN tumbuh berkembang menjadi universitas negeri yang tangguh dan mampu bersaing. Semua itu tidak lepas dari upaya dan keteladanan sang penggagas veteran pejuang kemerdekaan, yakni Bambang Suroto berserta kawan-kawan yang merintis berdirinya UPN Veteran,” kata Saiful.

LVRI menganugerahkan tanda penghargaan bintang LVRI kepada almarhum Bambang Soeroto selaku perintis berdirinya UPN Veteran dan kepada tiga rektor UPN Veteran masing-masing, yakni Rektor UPN Veteran Yogyakarta Mohammad Irhas Effendi, Rektor UPN Veteran Jawa Timur Akhmad Fauzi, dan Rektor UPN Veteran Jakarta Erna Hernawati.

“Atas jasa pengabdian dalam mengembangkan UPN Veteran,” ucapnya.

Lebih lanjut, Saiful mengatakan bahwa UPN Veteran menyegarkan ingatan akan hubungan historis yang pernah ada antara LVRI dengan UPN. Para pejuang sepakat untuk mendirikan UPN Veteran agar anak dan cucu para veteran dapat memperoleh pendidikan yang lebih baik.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta penanaman JSN’45.

“Semoga acara ini menjadi simbol kolaborasi dua generasi pejuang masa lalu dan masa kini dalam upaya membangun negeri,” kata Saiful.

Baca juga: Sahabat Veteran ajak generasi muda lebih peduli kepada para veteran
Baca juga: Firli: Esensi perjuangan veteran perlu diterapkan untuk tumpas korupsi

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022