Surabaya (ANTARA) - Koalisi Indonesia Bersatu menggelar konsolidasi perdana tingkat provinsi dengan agenda utama pembahasan visi misi menghadapi Pemilihan Umum 2024.

"Konsolidasi pertama digelar di Jawa Timur dan kami fokus membahas visi misi, bukan tentang ketokohan atau figur tertentu," ujar Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Jatim Ahmad Rizki Sadiq kepada wartawan di Surabaya, Jumat.

Konsolidasi bakal diselenggarakan di Hotel Shangri-La Surabaya pada Minggu, 14 Agustus 2022, dan dihadiri ketua umum serta fungsionaris pusat tiga partai politik koalisi.

Masing-masing Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan serta Ketua Umum DPP PPP Soeharso Manoarfa.

Baca juga: KIB gelar silaturahmi nasional di Surabaya Minggu

Baca juga: Zulhas: KIB mendaftar bareng tunjukkan kekompakan


Di tempat sama, Ketua DPD I Partai Golkar Jatim M Sarmuji menyampaikan bahwa pembahasan visi misi akan mengundang berbagai pihak, seperti akademisi dan rektor sejumlah perguruan tinggi, tokoh ormas hingga para pengamat politik.

"Kami ingin mendapat masukan dari mereka sehingga visi misi yang tercipta nantinya dapat benar-benar pro-rakyat. Pasti pandangan-pandangan penting dari mereka sangat bermakna ke depannya," ucap dia.

Usai menerima masukan dan tercipta visi misi, kata Sarmuji, selanjutnya akan dibahas dengan tokoh pilihan KIB yang nantinya diusung maju di Pemilihan Presiden 2024.

"Nah, ide atau gagasan dari mereka yang berkompeten ini dikolaborasikan dengan siapa pun itu nanti calon presidennya. Kami harapkan semua berjalan lancar dan sesuai harapan," kata Wakil Ketua Komisi VI DPR RI tersebut.

Sementara itu, Ketua DPW PPP Jatim Mundjidah Wahab juga sepakat untuk menjaga koalisi agar tidak mengerucut ke pembahasan calon tertentu saat konsolidasi di Surabaya mendatang.

Baca juga: Airlangga: KIB bertekad jaga stabilitas politik jelang Pemilu 2024

Baca juga: Golkar Jatim bangga Reog Ponorogo ikut antarkan KIB daftar ke KPU RI


Bupati Jombang tersebut meminta kader-nya untuk bersiap dan memperkuat visi misi yang nantinya diputuskan untuk dibawa ke Pemilihan Presiden 2024.

"Satu sisi, kami bangga kegiatan KIB pertama di tingkat provinsi digelar di Jatim. Semoga setelah ini diikuti konsolidasi-konsolidasi di tingkat kabupaten/kota, kecamatan, hingga ranting se-Jatim," tutur Nyai Mundjidah, sapaan akrabnya.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022