Bulu tangkis

World Beach Games 2023 pertandingkan AirBadminton untuk pertama kali

World Beach Games 2023 pertandingkan AirBadminton untuk pertama kali

Ilustrasi - Servis bulu tangkis. ANTARA FOTO/Maha Eka Swasta/aa.

Jakarta (ANTARA) - Pesta Olahraga Pantai Dunia atau World Beach Games secara resmi akan mempertandingkan cabang olahraga AirBadminton untuk pertama kalinya pada perhelatan yang akan berlangsung di Bali pada 5-12 Agustus 2023.

Kepastian ini didapat dari Kepala Bidang Hubungan Luar Negeri PP PBSI Bambang Roedyanto, yang secara langsung mendiplomasikan pengajuan AirBadminton kepada Komite Olimpiade Nasional (NOC) Indonesia.

"Saat itu saya bertemu Ketua NOC Indonesia, bapak Raja Sapta Oktohari di Olimpiade Tokyo 2020. Beliau mengatakan bahwa Bali akan ditunjuk sebagai tuan rumah World Beach Games 2023. Lalu saya menawarkan AirBadminton untuk dipertandingkan di sana dan beliau tertarik," kata Rudy dalam keterangan resmi PP PBSI di Jakarta, Jumat.

Ajang WBG tahun depan menjadi spesial dengan penambahan cabang olahraga baru, mengingat pada pagelaran perdana di di Doha, Qatar 2019, AirBadminton belum dimainkan.

WBG yang semula dijadwalkan berlangsung dua tahun sekali juga harus terdampak pandemi COVID-19, sehingga pelaksanaannya pada tahun 2021 terpaksa dibatalkan dan akan kembali hadir tahun depan.

"AirBadminton adalah permainan bulu tangkis di luar ruangan, dengan beberapa modifikasi seperti shuttlecock khusus," ujar Rudy .

Baca juga: BWF sebut World Beach Games di Bali tonggak sejarah AirBadminton

AirBadminton menjadi salah satu cabang olahraga tambahan di luar 10 cabang wajib yaitu aquathlon, bola tangan pantai, sepak bola pantai, tenis pantai, voli pantai 4x4, polo air pantai, gulat pantai, karate, selancar layang, dan renang perairan terbuka 5km.

Nantinya AirBadminton akan mempertandingkan empat nomor, yaitu beregu campuran, triple putra, triple putri, dan triple campuran. Peserta pun dibatasi masing-masing hanya 36 atlet putra dan putri dari seluruh negara.

"Tanggal 24 Agustus akan ada rapat pertemuan untuk penentuan semua teknis yang lebih rinci mengenai AirBadminton World Beach Games 2023," tutur Rudy.

BWF juga akan menggulirkan beberapa turnamen AirBadminton sebagai babak kualifikasi menuju World Beach Games 2023. Jumlah pasti berapa dan negara mana saja yang ditunjuk sebagai tuan rumah akan diumumkan berikutnya.

Baca juga: ANOC rilis empat cabang olahraga tambahan di World Beach Games 2023
Baca juga: KOI belajar dari ASEAN Para Games untuk World Beach Games 2023
Baca juga: ANOC apresiasi dukungan pemerintah terhadap World Beach Bali 2023

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar