Malang (ANTARA) - Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Budi Utomo Malang menyewa sekitar 35 angkutan kota (angkot) atau mikrolet untuk mengangkut ratusan mahasiswa yang mengikuti yudisium kelulusannya.

Ratusan mahasiswa yang mengikuti yudisium itu diangkut dengan 35 mikrolet, dari kampus A IKIP Budi Utomo di Jalan Arjuno menuju kampus C di Jalan Citandui Kota Malang, Jawa Timur.

“Kita mencarter 35 mikrolet untuk mengangkut mahasiswa dari kos-kosan ke kampus A, selanjutnya ke kampus C. Ini cara kita memperhatikan mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus," kata Rekor IKIP Budi Utomo Malang Dr Nurcholis Sunuyeko di sela kegiatan yudisium di kampus setempat, Jumat malam.

Bukan hanya itu, katanya, pihaknya juga melibatkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang ada di sekitar kampus untuk menambah pendapatan mereka dengan membuka stan yang menjual pernak-pernik wisuda maupun kuliner di area kampus.

Baca juga: Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang raih 2 medali di ajang internasional

Baca juga: Mahasiswa baru IKIP Budi Utomo Malang disambut "Merdeka dan happiee"


Sementara itu, yudisium yang diikuti 668 mahasiswa dari Fakultas Pendidikan Ilmu Eksakta Dan Keolahragaan (FPIEK) dan Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial dan Humaniora (FPISH) tersebut, digelar dengan konsep berbeda dari yudisium pada umumnya.

Yudisium yang digelar dengan cara tidak biasa ini dikemas ala pesta kebun dengan properti klasik dan estetik yang bertabur bunga segar.

Nurcholis mengaku konsep yudisium (pengumuman kelulusan) mahasiswa ini dikemas berbeda agar mereka bergembira menerima hasil kelulusannya.

"Biasanya yudisium itu kan formal. Sekarang kita kemas berbeda dengan konsep pesta kebun supaya mereka bergembira. Kalau sebelumnya yang kita kemas berbeda adalah prosesi wisuda (wisudatainment), sekarang yudisiumnya,” kata pria yang akrab disapa Sam Rektor itu.

Sementara dalam sambutan di hadapan peserta yudisium, Nurcholis berpesan agar lulusan kampus itu dapat mengembangkan potensi masing-masing secara optimal dan bersinergi dengan masyarakat sekitar.

“Kita menyelenggarakan yudisium ini dengan menyertakan partisipasi semua kalangan. Pada gelombang ini kelulusan mahasiswa sudah di atas 70 persen, pada gelombang berikutnya mudah-mudahan bisa 100 persen,” ucapnya.

Yudisium kelulusan mahasiswa pada tahun akademik 2021/2022 ini bertema "IBU Garden Night Happie".*

Baca juga: Pendaftar PPM MBKM IKIP Budi Utomo Malang lebihi kuota

Baca juga: Peminat MBKM Program PMM di IKIP Budi Utomo meningkat signifikan

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022