ini momen kita melestarikan permainan tradisional Kalsel
Banjarmasin (ANTARA) - Festival olahraga tradisional digelar memeriahkan Hari Jadi (Harjad) ke-72 Provinsi Kalimantan Selatan dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI di sepanjang Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin, Minggu.

Hadir langsung dalam kemeriahan pesta rakyat tersebut Gubernur Kalsel Dr (HC) H Sahbirin Noor yang sekalian Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kalsel beserta unsur pimpinan daerah lainnya.

Kemeriahan festival tersebut dengan dilombakannya permainan tradisional seperti balogo, enggrang, basumpit, terompah, senam, lompat tali, kuntau dan jenis olahraga khas Kalsel lainnnya.

Bahkan Gubernur yang lebih akrab disapa Paman Birin tersebut ikut bermain dalam balogo dan basumpit.

"Dengan kegiatan ini semoga kita dapat mengenalkan olahraga tradisional kepada masyarakat sekaligus ini momen kita melestarikan permainan tradisional Kalsel agar tak tergerus oleh kemajuan teknologi," ucap Gubernur.

Baca juga: Kalsel gelar gerak jalan dan gerakan pembagian 10 juta bendera
Baca juga: Ada deklarasi bebas pasung di HUT kemerdekaan RI di Banjarmasin

Gubernur Kalsel juga berharap olahraga tradisional terus dikembangkan ke depannya sebagai bentuk kepedulian dalam melestarikan khazanah budaya Kalsel.

Ketua Bidang V KORMI Kalsel Taufik Arbain didampingi Humas KORMI Kalsel, Yusni Hardi menambahkan, kegiatan olahraga tradisional ini memang diharapkan Gubernur Kalsel dapat terus dilaksanakan dalam berbagai ajang perayaan.

"Dalam setiap kegiatan diharapkan ada kegiatan olahraga tradisional untuk memperkenalkan kepada masyarakat," kata Taufik.

Selain itu diharapkan dengan festival olahraga tradisional di momen Harjad Kalsel ini menjadi momentum kebangkitan olahraga atau permainan tradisional Kalsel.

"Ke depan festival olahraga tradisional ini akan kita kembangkan lebih besar lagi dengan melibatkan lebih banyak pihak," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Batam gelar pawai pembangunan peringati HUT ke-77 RI
Baca juga: RSUD Sleman gelar khitanan massal sambut HUT Kemerdekaan RI

Sebelum digelarnya Festival Olahraga Tradisional ini, paginya digelar gerak jalan dan gerakan membagikan 10 juta bendera Merah Putih.

Kemeriahan Harjad ke-72 Kalsel dan HUT RI ke-77 di mulai pada Jumat malam dengan digelarnya Festival Pasar Terapung di Sungai Martapura dengan menampilkan kapal dan jukung hias.

Selain itu digelar pula lomba masak tingkat pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkungan Pemprov Kalsel, yakni, masakan khas Banjar, masak Bom.

Puncak kemeriahan Harjad ke-72 Kalsel dan HUT ke-77 RI ini dengan konser Raja Dangdut H Roma Irama di Objek Wisata Kiram Park di Kabupaten Banjar pada Sabtu (13/8) malam.

Baca juga: Istana: Peringatan HUT Ke-77 RI berkonsep sejarah bangsa
Baca juga: Mentan sebut penghargaan swasembada beras IRRI jadi kado HUT ke-77 RI
 
Kemeriahan Festival Olahraga Tradisional pada Harjad ke-72 Kalsel dan HUT ke-77 RI di Kota Banjarmasin, Minggu.ANTARA/HO-Pemprov Kalsel

Pewarta: Sukarli
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022