Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan pengelola mal swasta harus berani menampilkan merek-merek lokal sebagai bentuk dukungan terhadap belanja produk dalam negeri (PDN)

"Terbukti di Gedung Sarinah, brand-brand lokal bisa menarik traffic yang luar biasa (41 ribu orang per hari). Saya kira ini momentum bagi kita untuk mulai menggerakkan masyarakat mencintai produk dalam negeri," ujar dia saat memberikan sambutan dalam acara Indonesia Retail Summit 2022 yang diadakan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) di Gedung Sarinah, Jakarta, Senin.

Ia pun mengharapkan acara Indonesia Retail Summit 2022 menjadi momentum untuk mendorong konsumsi masyarakat belanja PDN mengingat produk-produk yang dihasilkan sudah sangat berkualitas.

"Saya kira kegiatan ini menjadi sangat penting untuk memulihkan ritel kita yang selama dua tahun terakhir mengalami stagnasi. Kita tahu di kuartal II-2022, pertumbuhan ekonomi kita membaik 5,44 persen yang 53 persennya itu ditunjang oleh konsumsi rumah tangga," ungkap Teten.

Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, lanjutnya, bahwa pemerintah dan para pemangku kepentingan lainnya harus bekerja sama menggerakkan konsumsi rumah tangga dengan diskon nasional seperti yang dilakukan pihaknya dengan Pengelola Sarinah dan Hippindo dalam kegiatan tersebut.

Pemberian diskon nasional itu juga ditujukan agar pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2022 semakin membaik.

"Ini sangat penting, ekonomi kita digerakkan konsumsi rumah tangga. Kita juga ingin produk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) semakin diterima oleh masyarakat dan juga diberi kesempatan yang sama dengan brand-brand hadir di mall-mall," kata Menkop.

Baca juga: Pemerintah perkuat koperasi pangan untuk ciptakan ekonomi inklusif

Baca juga: Teten ajak masyarakat beli produk UMKM di tengah ancaman resesi dunia

Baca juga: Teten Masduki dorong pemulihan UMKM NTT lewat Exotic Tenun Fest


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022