Jakarta (ANTARA) - Sektor industri semakin menunjukkan peran vitalnya bagi perekonomian Indonesia dan neraca beras surplus 3,73 juta ton menjadi pemberitaan sektor ekonomi kemarin. Simak selengkapnya.
 

1. Airlangga perkirakan neraca beras surplus 3,73 juta ton pada September

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan neraca beras Indonesia diperkirakan mengalami surplus 3,73 juta ton sejak Januari hingga September 2022 seiring dengan pembangunan pertanian domestik.

Surplus tersebut berasal dari perkiraan produksi beras yang mencapai 26,45 juta ton pada periode tersebut, sedangkan konsumsi beras diproyeksikan sebanyak 22,72 juta ton.


2. Pemerintah targetkan pembangunan KIPP tahap I di IKN selesai 2024

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) tahap I di Ibu Kota Negara (IKN) selesai tahun 2024.

KIPP yang dimaksud mencakup antara lain pembangunan perkantoran Presiden dan Wakil Presiden, penyediaan air minum, sanitasi, drainase, jalan nasional, dan jalan tol dari Balikpapan di Kalimantan Timur ke IKN.
 

3. Presiden Jokowi: APBN Indonesia surplus Rp106 triliun

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan capaian-capaian pemerintah sepanjang tahun 2022 dalam Sidang Tahunan MPR RI, termasuk surplus Anggaran Pembangunan dan Belanja Nasional (APBN) Indonesia sebesar Rp106 triliun

"Sampai pertengahan tahun ini, APBN juga surplus Rp106 triliun. Oleh karena itu, Pemerintah mampu memberikan subsidi BBM, LPG, dan listrik sebesar Rp502 triliun pada tahun 2022 agar harga BBM di masyarakat tidak melambung tinggi," kata Presiden Jokowi saat berpidato pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.


4. Sri Mulyani: Klaster infrastruktur dominasi pembiayaan investasi 2023

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan klaster infrastruktur mendominasi pembiayaan investasi 2023 yaitu dengan anggaran mencapai Rp85,3 triliun dalam rangka mendukung proyek strategis.

“Infrastruktur yang paling banyak kemudian disusul klaster pendidikan,” katanya dalam Konferensi Pers Nota Keuangan dan RAPBN 2023 di Jakarta, Selasa.

 

5. Menperin: Sektor industri berperan vital pada perekonomian Indonesia

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan bahwa menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, sektor industri semakin menunjukkan peran vitalnya bagi perekonomian Indonesia.

“Seperti yang disampaikan Bapak Presiden Joko Widodo pada pidato di Sidang Tahunan, kekuatan-kekuatan yang kita miliki merupakan modal kuat untuk membangun Indonesia, termasuk kemampuan hilirisasi dan industrialisasi untuk memaksimalkan nilai tambah bagi kepentingan nasional,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita lewat keterangannya di Jakarta, Selasa.

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022