Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) menyampaikan bahwa seluruh bandara yang dikelola pada hari ini memperingati HUT ke-77 RI bersama seluruh pemangku kepentingan bandara secara serentak, Rabu (17/8).

“Bandara AP II pada hari ini serentak menggelar peringatan HUT ke-77 RI. Tepat pukul 10.00 WIB di seluruh bandara dibacakan proklamasi kemerdekaan dan pengibaran bendera Merah Putih yang berjalan dengan khidmat, diikuti oleh seluruh staf bandara, penumpang dan pengunjung bandara,” kata President Director AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Awaluddin mengatakan, di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia, tepat pukul 10.00 WIB dibacakan teks proklamasi di area check-in Terminal 2E diikuti dengan sikap sempurna oleh para staf bandara, penumpang serta pengunjung bandara.

Setelah teks proklamasi dibacakan, para staf bandara, penumpang pesawat dan pengunjung di Terminal 2 bersama-sama mengambil sikap hormat sembari mengumandangkan Indonesia Raya saat bendera Merah Putih dibentangkan.

Para penumpang pesawat dan pengunjung bandara terlihat sangat khidmat mengikuti peringatan HUT ke-77 RI ini.

"Kami berharap peringatan HUT RI di bandara AP II ini dapat turut semakin memupuk dan menanamkan rasa patriotisme dalam diri kita semua,” ujarnya.

Lebih lanjut Awaluddin mengungkapkan, setelah pembacaan proklamasi dan pengibaran bendera Merah Putih, perayaan HUT RI di Terminal 2E dilanjutkan dengan menyanyikan lagu-lagu perjuangan yang dibawakan para kru kabin Batik Air dan Lion Air, yang diikuti dengan seluruh pemangku kepentingan.

Selain itu, peringatan HUT ke-77 RI pada hari ini juga digelar di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta bersama para penumpang dan pengunjung bandara. Di Terminal 3 juga digelar peragaan busana dan pembacaan puisi.

Sementara itu, di Bandara Supadio Pontianak, para penumpang pesawat mengikuti peringatan HUT RI dengan pembacaan proklamasi kemerdekaan dan pengibaran bendara Merah Putih di boarding lounge (area tunggu keberangkatan).

Selanjutnya, di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang juga dilaksanakan pembacaan proklamasi dan pengibaran Merah Putih yang diikuti seluruh stakeholder di terminal penumpang pesawat, juga digelar kompetisi e-sport dengan peserta dari para komunitas bandara.

Baca juga: AP II gelar diskon layanan premium dan hotel di bandara

Baca juga: AP II dan Changi Airport Group jajaki kolaborasi pemulihan penerbangan

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022