Jakarta (ANTARA) - Penampilan Marching Band Gita Handayani binaan Dinas Pendidikan Provinsi Aceh membuka rangkaian Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu sore.

Sebanyak 150 pelajar anggota Marching Band Gita Handayani memainkan tiga lagu, yakni "Bangun Pemudi Pemuda", "Pantang Mundur", dan "Bungong Jeumpa" yang dibarengi aksi menampilkan Tari Ratoh Jaroe.

Sesudah Marching Band Gita Handayani, panggung kesenian Upacara Penurunan Bendera dilanjutkan dengan penampilan mantan penyanyi cilik yang kini sudah tumbuh menjadi remaja, Naura Ayu.

Baca juga: Presiden Jokowi kenakan baju adat Sulawesi Tenggara saat HUT ke-77 RI

Putri Nola B3 itu membawakan tembang "Bendera" yang pernah dipopulerkan oleh Grup Musik Cokelat serta nomor "Aku Indonesia", yang merupakan salah satu lagu yang dirilis Naura pada peringatan Hari Anak Nasional 2019.

Rangkaian acara kesenian masih akan berlanjut sebelum prosesi Upacara Penurunan Bendera dimulai pukul 16.50 WIB.

Penyanyi asal Nusa Tenggara Timur (NTT) Andmesh Kamaleng dan penyanyi Dira Sugandi dijadwalkan tampil menyumbangkan suara mereka dalam pentas kesenian tersebut.

Baca juga: Presiden Jokowi jadi Inspektur Upacara HUT Ke-77 RI

Sementara itu akan ditampilkan pula Tari Isosolo asal Papua dan Tari Isong Bale dari Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam pertunjukan kesenian menjelang Upacara Penurunan Bendera.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menjadi Inspektur Upacara Penurunan Bendera di Istana Merdeka yang turut dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Turut hadir pula Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta Ibu Wury Ma'ruf Amin.

Baca juga: Kasetpres: Ide penggunaan baju daerah pada HUT RI dari Presiden Jokowi

Sementara itu, pembawa acara sempat menyapa beberapa tokoh yang mengisyaratkan kehadiran mereka dalam Upacara Penurunan Bendera di Istana Merdeka.

Beberapa tokoh tersebut adalah Presiden Ke-5 RI Megawti Soekarnoputri, Wakil Presiden Ke-6 RI Try Sutrisno, Wakil Presiden Ke-9 RI Hamzah Haz, Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla, Wakil Presiden Ke-11 Budiono, dan Sinta Nuriyah Wahid.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022