Jakarta (ANTARA) - Sejumlah warga tampak mulai memadati Taman Pandang Istana, Jakarta, menjelang pelaksanaan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di Istana Merdeka, Rabu petang.

Berdasarkan pantauan, sekitar pukul 16.47 WIB, beberapa warga memilih duduk di depan layar lebar (videotron) yang berada di sekitar kawasan Monumen Nasional (Monas) untuk menyaksikan siaran langsung Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih yang telah dimulai.

Dari layar lebar tersebut, terlihat penampilan Marching Band Gita Handayani binaan Dinas Pendidikan Provinsi Aceh yang secara resmi membuka rangkaian Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih dalam rangka Perayaan Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka.

Baca juga: Kolonel Laut Andike: Ini adalah beban dan tanggung jawab berat

Salah satu warga bernama Firmansyah dari Kemayoran mengaku datang ke Taman Pandang Istana untuk menyaksikan siaran langsung Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di Istana Merdeka karena tidak ingin melewatkan momen yang hanya diselenggarakan sekali setahun ini.

"Saya datang ke sini karena ini kan momen satu tahun sekali, hajatan besar. Jadi, merasa sayang untuk melewatkan," ujar dia.

Sebelumnya, Firmansyah menyampaikan dirinya telah mencoba mendaftarkan diri untuk menyaksikan upacara tersebut secara langsung di Istana Merdeka melalui situs pandang.istanapresiden.go.id. Namun, ujar dia, kuota bagi masyarakat untuk menyaksikan acara itu secara langsung telah penuh.

Baca juga: Presiden Jokowi jadi Inspektur Upacara HUT Ke-77 RI

Pada Senin (1/8), Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan Istana Kepresidenan akan menggelar Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI secara terbuka dengan mengundang masyarakat secara terbatas pada 17 Agustus 2022 ke Kompleks Istana Kepresidenan.

Terkait dengan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih, Heru mengatakan Istana Merdeka akan mengundang sekitar 2.000-3.000 masyarakat untuk mengikuti langsung salah satu rangkaian kegiatan Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI pada sore hari.

Baca juga: Kasetpres: Ide penggunaan baju daerah pada HUT RI dari Presiden Jokowi

“Kurang lebih 2.000 undangan pada pagi hari (Upacara Penaikan Bendera Merah Putih) dan 2.000-3.000 undangan pada sore hari (Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih),” ujar dia.

Sebelumnya, pada Rabu pagi, warga yang tidak berkesempatan mendaftar sebagai tamu undangan juga memadati Taman Pandang Istana untuk menyaksikan siaran langsung Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka melalui layar lebar yang telah disediakan Istana Kepresidenan.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022