Jadi cukup menjanjikan karena Papua memiliki uniqueness terkait dengan produk-produk yang mereka hasilkan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan UKM menyatakan potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Papua sangat besar karena memiliki pelbagai produk unggulan daerah yang dapat diangkat hingga mancanegara.

Sejumlah produk tersebut antara lain lukisan kulit kayu, produk kerajinan kriya, dan wastra (kain tradisional).

“Jadi cukup menjanjikan karena Papua memiliki uniqueness terkait dengan produk-produk yang mereka hasilkan,” kata Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Kemenkop Christina Agustin secara virtual di Jakarta, Kamis.

Ketika masa pandemi COVID-19, UMKM di Papua dinyatakan mengalami keterpurukan seperti di daerah lainnya. Mengingat masyarakat Papua terbiasa dengan mengerjakan sesuatu secara alamiah dan tradisional, lanjutnya, keadaan daerah tersebut saat pandemi dirasa tidak lebih berat dibandingkan dengan Pulau Jawa.

“Waktu saat pandemi, kami selalu berkolaborasi dan berkoordinasi dengan dinas koperasi dan UKM di provinsi maupun kabupaten/kota Papua dan Papua Barat. Karena pandemi, kami melakukan segala sesuatu secara digital dan virtual, dan semuanya berjalan lancar,” ungkap Christina.

Minggu lalu, Kemenkop disebut telah mengajak beberapa universitas dan lembaga inkubator di Papua untuk mengikuti peningkatan kapasitas pengelola lembaga inkubator di Bali. Mereka disebut memperoleh pelatihan dengan baik sehingga diharapkan dapat meningkatkan kapasitas kepada tenant, startup, UKM, atau para wirausaha pemula di Papua.

Lebih lanjut, adanya pelaksanaan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Papua pada bulan ini dinilai bakal menggerakkan hati dan membuka pikiran masyarakat setempat terkait potensi kualitas yang dimiliki daerah tersebut.

“Mereka mempunyai harapan lebih besar untuk mereka memperbaiki segala sesuatunya, artinya memiliki semangat. Dengan Gernas BBI ini, harapannya semua stakeholder baik yang di Papua sendiri maupun di seluruh Indonesia akan bergerak bersama dengan bergandengan tangan serentak untuk membangun Papua dan Papua Barat,” ucapnya.

Baca juga: Membawa produk UMKM Indonesia jadi masyhur di pasar dunia
Baca juga: UMKM: Teknologi digital lancarkan penjualan hingga ke mancanegara
Baca juga: Kominfo dorong pelaku UMKM Papua berdaya saing global


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022