Jakarta (ANTARA) - Pakar kesehatan Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia merupakan momentum yang tepat bagi masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan.

"Salah satu tantangan dalam sektor kesehatan adalah bagaimana terus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memberi prioritas penting bagi kesehatan," katanya ketika dihubungi ANTARA di Jakarta, Kamis.

Direktur Pascasarjana Universitas YARSI itu menambahkan bahwa peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia merupakan momentum yang tepat untuk menjawab tantangan kesehatan.

"Masyarakat perlu bersama-sama berjuang meningkatkan derajat kesehatan dengan menerapkan perilaku hidup sehat," katanya.

Baca juga: Menko PMK: HUT RI momentum tepat perkuat Germas

Terkait hal itu, dia mengapresiasi upaya pemerintah yang terus memperkuat Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) guna mencegah berbagai masalah kesehatan.

"Tentu saja menjaga tetap sehat dengan perilaku-perilaku yang terdapat dalam Germas adalah fundamental utama kesehatan bangsa," katanya.

Menurut dia, perhatian seluruh pihak terhadap aspek kesehatan ini perlu terus ditingkatkan.

"Pandemi COVID-19 sebenarnya telah membuat masyarakat makin sadar kesehatan. Orang amat memperhatikan cara-cara bagaimana agar tidak tertular dengan menerapkan protokol kesehatan, budaya seperti ini perlu terus diperkuat," katanya.

Guru Besar Fakultas Kedokteran UI itu menambahkan bahwa untuk makin meningkatkan derajat kesehatan masyarakat maka sosialisasi mengenai pentingnya gerakan masyarakat hidup sehat perlu terus digencarkan.

Baca juga: Satgas: Masyarakat terapkan protokol kesehatan dalam peringatan HUT RI

"Masyarakat harus terus diingatkan bahwa kesehatan itu sangat berarti untuk menopang produktivitas seseorang," katanya.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas meliputi tujuh langkah, yakni melakukan aktivitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan, dan menggunakan jamban.

"Germas ini sangat penting untuk mencegah berbagai penyakit, masyarakat perlu berperan aktif menjalankan gerakan ini guna mendukung tema peringatan HUT RI Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat," katanya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 RI merupakan momentum yang tepat bagi masyarakat untuk memperkuat Gerakan Masyarakat Hidup Sehat guna mencegah berbagai masalah kesehatan.

Baca juga: BKKBN: HUT RI waktu tepat wujudkan lansia berkualitas tangguh

"Gerakan Masyarakat Hidup Sehat merupakan program prioritas dalam RPJMN yang pelaksanaannya perlu terus diperkuat," demikian Muhadjir Effendy.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022