Jakarta (ANTARA) - Mastercard, PT Bank Commonwealth dan Mercy Corps melalui platform MicroMentor telah berhasil mempertemukan lebih dari 60.000 UMKM dengan 20.000 relawan mentor dalam program pelatihan bisnis hingga Agustus 2022.

Melalui kerja sama ini, Direktur Eksekutif Mercy Corps Indonesia Ade Soekadis mengatakan MicroMentor akan terus meningkatkan jangkauannya dalam menumbuhkan wirausahawan di seluruh Indonesia secara masif dan inklusif.

"Dalam kurun waktu tiga tahun, program MicroMentor telah mampu berperan aktif dalam ekosistem kewirausahaan Indonesia dimana target yang telah dicapai dapat diciptakan melalui beragam kemitraan strategis, diantaranya melalui Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Komunikasi dan Informatika serta pihak lainnya," ujar Ade dalam acara MicroMentor 3 Years Journey In Indonesia di Jakarta, Jumat.

Ade mengatakan sejak pertama kali diresmikan pada 2019, wirausahawan dan relawan mentor di MicroMentor dari yang awalnya sejumlah 4 ribuan, saat ini telah mencapai 80 ribuan. ​​​Dari jumlah itu, tercatat 91 persen wirausahawan dengan beragam bisnisnya tetap beroperasi hingga kini, serta 19 persen mengalami pertumbuhan bisnis.

Baca juga: Bank Commonwealth berikan beasiswa kepada puluhan jurnalis nasional

Ia memaparkan perusahaan yang terlibat dalam MicroMentor telah menciptakan 1,2 ribu pekerjaan baru selama tiga tahun ini.

Menuju tahun keempat, ia mengatakan MicroMentor akan meningkatkan fitur dan layanan pada pelatihan virtualnya melalui expert speaker series dan Toolkit Keamanan Siber dari Global Cyber Alliance. Ia menargetkan akan memperluas program ini mencapai 100 ribu UMKM dan relawan mentor ada Januari 2023.

Dalam kesempatan sama, Presiden Direktur Bank Commonwealth Lauren Sulistiawati mengatakan akan terus berkomitmen mendukung pertumbuhan bisnis UMKM di Indonesia. Menurut dia adanya program MicroMentor akan membantu UMKM Indonesia bangkit dan tumbuh pasca pandemi ini.

"UMKM merupakan pilar penting dalam perekonomian Indonesia, oleh karena itu pendampingan sangat dibutuhkan agar menjadi lebih kompetitif dan tangguh, terutama saat ekonomi mulai pulih seperti saat ini," ujar Lauren.

Pihaknya mengatakan Bank Commonwealth akan terus berkolaborasi dengan Mastercard dan Mercy Corps dalam mendukung target pemerintah Indonesia mencapai target transformasi digital nasional yakni 30 juta UMKM menjadi bagian dari ekosistem digital pada tahun 2024.

Baca juga: Kementerian Investasi bagikan NIB untuk 300 UMK Mataram

Baca juga: PPLIPI bantu permodalan 6.000 pelaku UMKM di Jabodetabek

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022