agar Ibu Ibukota mendapatkan ruang untuk berbagi ilmu dan keterampilan
Jakarta (ANTARA) -
Ibu Ibukota Awards (IIA) mempertemukan kembali 62 sosok penggerak penerima penghargaan IIA pada periode 2019-2021 pada September tahun ini. 

"Ini agar Ibu Ibukota mendapatkan ruang untuk berbagi ilmu dan keterampilan," kata Penggagas IIA Fery Farhati dalam acara Menuju Ibu Ibukota Awards 2022 di Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan bahwa pada 2022, pihaknya mengangkat tema #BertemuKembali untuk memberikan kesempatan kepada para sosok gerakan #AksiHidupBaik untuk berkolaborasi lebih luas dengan berbagai pihak.

Fery menyebutkan bahwa IIA terbuka dengan berbagai bentuk ajakan kerja sama dari masyarakat, media, komunitas, maupun swasta seperti pelatihan/lokakarya, bincang inspiratif, ataupun proses kreatif lainnya seperti pembuatan ilustrasi, komik, pemotretan, video musik dan sebagainya.

"Oleh sebab itu, Ibu Ibukota mengajak semua pihak untuk mengirimkan rencana kolaborasi pada Agustus-September 2022 ke email kontak@ibuibukota.id. Mari kita bersama hadirkan kembali semangat kolaborasi dengan ambil bagian di Ibu Ibukota Awards 2022," kata Fery.

Baca juga: Dekranasda DKI Jakarta bantu perajin tetap produktif saat pandemi
 
Sebelum memulai bulan kolaborasi (Agustus-September), IIA 2022 mengawali kegiatan dengan menggelar ‘TEMALI (Temu Kembali) Ibu Ibukota’ sebagai momen pertama para sosok penggerak 2019-2021. 

Hal itu untuk bisa bertemu secara langsung, bertukar gagasan, hingga membuat rencana kolaborasi lintas angkatan dan lintas bidang gerak.

Para sosok juga telah mengikuti kegiatan ‘BEKALI (Belajar Kembali) Ibu Ibukota’ untuk melengkapi pengetahuan mereka.
 
"Agar lebih siap dalam menghadapi berbagai tantangan dan karakteristik masyarakat di lapangan, serta menjadi pionir yang mendorong lahirnya sosok perempuan-perempuan inspiratif lainnya di Jakarta," katanya.

Sosok Ibu Ibukota pun diminta untuk memilih paket kelas yang paling sesuai dengan kebutuhan dan diajar oleh para mentor berpengalaman di bidangnya.

Baca juga: Fery Farhati ajak anak muda peduli lingkungan lewat fesyen

"Kelas yang disiapkan antara lain Kelas Bicara, Kelas Bijak, dan serta Kelas Binar," kata Fery.

Ibu Ibukota Awards merupakan wadah apresiasi yang mengangkat cerita perempuan penggerak #AksiHidupBaik yang ada di Jakarta.

Digagas oleh Fery Farhati, Ibu Ibukota Awards pertama kali diselenggarakan pada 2019 dan berlanjut setiap tahunnya.
 
Ajang apresiasi ini bertujuan agar masyarakat menjadi lebih empati dan peduli dengan situasi yang ada di sekitar, sehingga tergerak melakukan #AksiHidupBaik di lingkungan sekitarnya.

Penyelenggaraan Ibu Ibukota Awards melibatkan kerja sama Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) DKI Jakarta dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta, Dharma Wanita Persatuan (DWP) DKI Jakarta serta dukungan dari Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga: Anies sambut PKK dan Dasawisma se-DKI di JIS atas capaian rekor MURI
 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022