“Semoga almarhum tenang di sisi Allah SWT, kembali dalam keadaan husnul khotimah, diampuni segala dosa, salah dan khilafnya, dan juga diterima segala amal ibadahnya selama hidup, dan tentu kita juga mendoakan semoga keluarga yang ditinggalkan juga di
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama keluarga dan kerabat menghadiri Upacara pemakaman Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode 2010 - 2014 Achmad Hermanto Dardak di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

"Pagi ini sama-sama kita mengantarkan beliau di peristirahatan terakhir di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata,” kata AHY dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Minggu.

Menurut AHY, Hermanto Dardak merupakan sosok yang menginspirasi atas kontribusinya dalam membangun negeri melalui Kementerian PUPR, yang menjadi tempatnya mengabdikan diri selama puluhan tahun.

“Almarhum Bapak Hermanto Dardak menjadi seorang patriot, menjadi seorang yang mencintai negerinya dengan kerja sungguh-sungguh membangun sesuai dengan kapasitas yang dimiliki, dan beliau bekerja selama puluhan tahun sebagai keluarga besar Kementerian PUPR juga telah menjadi inspirasi bagi banyak kalangan," ujarnya.

Ia lantas berkata, "Saya sendiri tentu mengenal beliau sebagai seorang yang baik, yang sangat baik dan sangat berdedikasi".

Putra sulung dari Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu pun menyampaikan doa bagi almarhum yang merupakan ayahanda dari Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak maupun keluarga yang ditinggalkan.

“Semoga almarhum tenang di sisi Allah SWT, kembali dalam keadaan husnul khotimah, diampuni segala dosa, salah dan khilafnya, dan juga diterima segala amal ibadahnya selama hidup, dan tentu kita juga mendoakan semoga keluarga yang ditinggalkan juga diberi ketabahan,” ucap AHY.

Sebelumnya, jenazah Hermanto Dardak disalatkan di Masjid Kantor Kementerian PUPR sebagai penghormatan terakhir atas dedikasinya semasa hidup. Selanjutnya jenazah langsung dibawa ke TMP Kalibata dan dimakamkan secara militer, dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang memimpin jalannya upacara.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur Moh. Ali Kuncoro mengatakan bahwa menurut informasi yang dihimpun oleh pemerintah provinsi, Hermanto Dardak mengalami kecelakaan lalu lintas, Sabtu dini hari, di ruas Tol Pemalang Batang KM 341+400 arah Jakarta.

"Pak Hermanto langsung dibawa ke rumah sakit, tapi nyawa beliau tidak bisa diselamatkan, sedangkan pengemudinya mengalami luka dan sekarang mendapatkan perawatan di rumah sakit," kata Kuncoro.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022