api muncul dari bawah kendaraan mobil minibus saat melakukan pengisian bahan bakar
Kota Bengkulu (ANTARA) - Kepolisian Resor Bengkulu menduga kebakaran di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) KM 8 Kecamatan Gading Cempaka berasal dari pengisian mobil minibus yang memiliki tanki modifikasi.
 
Kapolres Bengkulu AKBP Andi Daddy Nur Cahyo di Bengkulu, Senin, mengatakan bahwa diduga api berasal dari kendaraan yang mengisi BBM jenis pertalite menggunakan tanki modifikasi.
 
"Peristiwa terjadi pada pukul 20.00 WIB dan api muncul dari bawah kendaraan mobil minibus saat melakukan pengisian bahan bakar," kata Andi.
 
Tanki yang digunakan oleh kendaraan roda empat tersebut diduga modifikasi dan plat nomor yang digunakan yaitu BD 1053 AA juga palsu.

Baca juga: Polres Bengkulu tangkap tujuh pelaku judi online
 
Namun, untuk mengetahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran, pihaknya melakukan pendalaman lebih lanjut dan menurunkan tim Labfor.
 
Ia menjelaskan api pertama kali muncul ketika mobil tersebut melakukan pengisian BBM jenis pertalite, diduga ada senyawa kimia oksigen bahan bakar dan uap panas yang memicu letupan terhadap selang yang sedang mengisi.
 
Sehingga terjadinya proses kimiawi, sebab munculnya api dari bahan bakar berasal dari tiga unsur yaitu oksigen, udara atau panas dan bahan bakar.

Baca juga: Ayah pemerkosa anak kandung selama empat tahun ditangkap di Bengkulu
 
"Tidak ada korban jiwa hanya ada kerugian materi dan penyelidikan masih berjalan," ujarnya.
 
Lanjut Andi, berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) sementara pihaknya menyita barang bukti penyebab terjadinya kebakaran untuk dilakukan pemeriksaan.

Baca juga: Polres Bengkulu menangkap konten kreator usai ancam TKW di Hong Kong
 
 

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022