Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 14 calon anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI yang dinyatakan lolos oleh Tim Pansel bakal mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di DPR RI.

"Para calon anggota yang terpilih telah melalui lima tahapan seleksi," kata Ketua Tim Pansel Calon Anggota Komnas HAM RI Prof Makarim Wibisono di Jakarta, Selasa.

Ia menyebutkan 14 nama yang lolos tersebut ialah Abdul Haris Semendawai, Amiruddin Al Rahab, Anis Hidayah, Antonio Pradjasto Hardojo, Atnike Nova Sigiro, Beka Ulung Hapsara, Chrisbiantoro, dan Hari Kurniawan.

Berikutnya ialah Prabianto Mukti Wibowo, Pramono Ubaid Tanthowi, Putu Elvina, Rita Serena Kolibonso, Saurlin P Siagian dan Uli Parulian Sihombing.

Baca juga: Kadivkum Polri gagal seleksi calon anggota Komnas HAM

Baca juga: Calon anggota akan perkuat Komnas HAM tuntaskan pelanggaran HAM berat


Dari nama-nama yang lolos tersebut, diketahui dua orang merupakan calon petahana yakni Beka Ulung Hapsara dan Amiruddin Al Rahab.

Beka Ulung Hapsara saat ini diketahui menjabat sebagai Koordinator Subkomisi Pemajuan HAM/Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan. Sementara, Amiruddin Al Rahab merupakan Wakil Ketua Eksternal Komnas HAM.

Lima tahapan seleksi yang telah diikuti oleh para calon yakni seleksi administrasi, tes tertulis objektif dan penulisan makalah, dialog publik, psikotes, wawancara dan tes kesehatan.

Prof Makarim mengatakan selama periode pendaftaran tercatat pendaftar atau individu yang membuat akun di aplikasi sebanyak 1.536 orang. Di antara jumlah tersebut terdapat 112 orang yang melengkapi persyaratan.

Jika dilihat dari sisi gender, terdapat 21 pendaftar perempuan dan 91 laki-laki. Para pendaftar juga datang dari berbagai latar belakang bidang, misalnya, petahana atau anggota Komnas HAM RI, advokat, akademisi, aktivis, aparatur sipil negara hingga jurnalis.

Dalam tahapan akhir yang berlangsung pada 8 hingga 9 Agustus 2022 terdapat 27 calon yang menjalani pemeriksaan fisik di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Terakhir, tes wawancara dilakukan di Perpustakaan Nasional pada 8-11 Agustus 2022.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022