Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak anggota delegasi US-ASEAN Business Council (US-ABC) mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) Indonesia.

Hal tersebut dinyatakan saat bertemu dengan anggota delegasi US-ABC yang dipimpin Duta Besar US-ABC, Ted Osius.

"Salah satunya dalam memperkuat kapasitas dan kapabilitas pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan digitalisasi dalam upaya menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024," ucap Menparekraf di Jakarta, Selasa, lewat keterangan resmi.

Pertemuan itu disebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dunia usaha AS terhadap kebijakan pemerintah Indonesia sehingga mampu mengembangkan kerja sama ekonomi AS dan Indonesia khususnya di sektor parekraf sebagai salah satu kekuatan ekonomi nasional.

Baca juga: Kemenparekraf gandeng Surplus Indonesia tekan sampah makanan hotel

Salah satunya ialah perihal digitalisasi karena memiliki peranan sangat penting seiring adanya pergeseran paradigma besar menuju ekonomi berbasis digital yang terakselerasi sangat cepat akibat pandemi COVID-19.

"Dengan sentuhan digital pada dasarnya akan menciptakan lapangan pekerjaan yang berkualitas dan juga berkelanjutan," kata Sandiaga.

Kini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga fokus mendorong pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Salah satu tema besar yang diusung adalah target pengurangan emisi karbon sebesar 50 persen tahun 2035 dan nol emisi (net zero) di tahun 2045. Selain itu juga beberapa inisiatif lainnya seperti penanganan food loss dan food waste (sampah makanan).

"Juga berbagai peluang investasi yang dapat kami sampaikan. Kami mengundang anggota US-ABC untuk dapat berinvestasi baik di lima destinasi super prioritas, Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP), dan berbagai kawasan ekonomi khusus pariwisata di berbagai daerah," ujar Menparekraf.

Baca juga: Sandiaga Uno: Program FSI 2022 beri nilai investasi hampir Rp47 miliar

Secara khusus, ia mengundang seluruh delegasi US-ABC menghadiri sejumlah acara dalam rangkaian Presidensi G20 Indonesia. Mulai dari World Tourism Day, Tourism Working Group, Tourism Ministerial Meeting, World Conference on Creative Economy, serta ASEAN Tourism Forum.

Duta Besar US-ABC Ted Osius mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kepemimpinan global Indonesia dalam Presidensi G20 yang bakal mendorong upaya bersama kebangkitan dan pemulihan ekonomi global.

"Angka perdagangan antara Amerika Serikat dan Indonesia tahun lalu naik 30 persen menjadi 26 miliar dolar AS per tahun. Kami sangat senang dan berupaya untuk terus meningkatkan potensi yang ada, termasuk di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ungkap Ted.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022