Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate merancang Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) agar mampu membangkitkan ekosistem digital Industri Kecil Menengah (IKM) di Provinsi Papua.

Staf Khusus Menkominfo Bidang Komunikasi Politik, Philip Gobang ditemui di Gelanggang Olah Raga (GOR) Cenderawasih, Jayapura, Papua, Selasa, mengatakan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang ditunjuk sebagai manajer kampanyr untuk Gernas BBI di Papua sudah menyiapkan IKM Papua untuk terjun dalam ekosistem digital.

Misalnya, kata Phillip, IKM di Papua sudah paham bagaimana menerima pesanan secara digital dan bagaimana menerima pembayaran melalui "Quick Response Indonesian Standard" (QRIS).

Setelah diperkenalkan, kata Phillip, Kominfo berharap kapasitas IKM untuk terjun dalam ekosistem digital itu meningkat. Setelah Gernas BBI ini, IKM di Papua itu bisa terus berlanjut hidup bahkan berkembang usahanya menjadi besar.

Gernas BBI Papua 2022 mendapat dukungan penuh antara lain dari Telkom Group dan Telkomsel untuk konektivitas serta sejumlah platform e-commerce nasional.

Baca juga: Gernas BBI, "Sambal Baba" andalkan kearifan lokal khas Papua

Terdapat 25 stan di dalam GOR Cenderawasih siap diisi oleh IKM yang sudah melewati proses kurasi. Sedangkan di luar GOR Cenderawasih, panitia Gernas BBI juga menyiapkan 49 stan untuk diisi oleh UMKM di Papua yang belum berhasil melewati proses kurasi.

Menurut Phillip, Papua merupakan salah satu daerah di Indonesia yang penuh potensi sumber daya alam dan produk khas unggulan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Dengan adanya proses kurasi, UMKM Papua mendapat dorongan untuk menaikkan kelasnya agar lebih berdaya saing bahkan tingkat global. Salah satunya dengan masuk ke dalam ekosistem digital.

Phillip mengatakan, 25 IKM yang lolos proses kurasi sudah terjamin memiliki kualitas produk yang baik dan mewakili kearifan lokal di Papua serta mampu menyediakan produk ketika jumlah pesanan banyak.

Berlokasi di GOR Cenderawasih Papua pada Rabu (24/8), Pameran Produk UMKM di Gernas BBI 2022 dengan tema “Binar Digital Papua” diawali dengan pemukulan Tifa.

Baca juga: BI Papua tampilkan 60 UMKM dalam Festival Kopi di Gernas BBI

Setelah itu, panitia turut menghadirkan pertunjukan tarian budaya Papua, artis Papua, hingga peragaan busana.

Sejumlah menteri dijadwalkan hadir mengikuti acara, baik secara luring maupun daring, di antaranya dan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Selain itu, Menkominfo Johnny G Plate, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Gubernur Papua Lukas Enembe 
dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Selanjutnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono
serta Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022