Jakarta (ANTARA) - Head of Merchant Platform GoTo Financial Novi Tandjung mengatakan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) telah menyediakan 14 tipe kelas dan komunitas untuk meningkatkan literasi digital pelaku usaha dalam rangka mendorong pertumbuhan UMKM di tanah air.

"Literasi digital tidak semuanya sama rata. Kita ingin impact akhirnya adalah produknya dipakai dan memberikan impact ke UMKM, maka kita juga sediakan kelas dan komunitas," ujar Novi dalam konferensi pers virtual Peluncuran Website Mitra Usaha GoTo di Jakarta, Selasa.

Sebagai perusahaan teknologi, menurut dia, berbagai produk digital yang diluncurkan GoTo harus dibarengi adanya literasi digital kepada penggunanya, khususnya para pelaku UMKM, sehingga mereka memahami produk digital yang digunakan.

"Supaya holistik, pakai produk teknologinya dan ada cara pakainya, itu hal yang ditempa di dalam kelas, ataupun melalui komunitas saling belajar dan membangun jejaring komunitas masing-masing," ujar Novi.

Setelah para pelaku UMKM meningkatkan literasi digital melalui kelas dan komunitas, Novi mengatakan masih ada berbagai program dan pelatihan tambahan untuk meningkatkan kemampuan usaha.

Baca juga: Kemenkop prioritaskan tujuh aspek dalam transformasi digital UMKM

"Jadi kombinasi semua ini adalah produk pelatihan dan program, bentuk dukungan kita terhadap UMKM sejak dini untuk mendukung komitmen pemerintah," ujar Novi.

Novi menjelaskan GoTo juga sudah memiliki 14 produk digital utama yang ditujukan untuk membantu setiap lini pertumbuhan UMKM dengan memberikan solusi dalam operasional, administrasi, pembayaran, discovery and e-commerce, layanan logistik dan permodalan.

"Jadi saat mereka mulai buka, memulai bisnis, menjalankan bisnis, menumbuhkan bisnisnya lebih besar lagi, mereka akan butuh banyak produk yang berbeda. Sehingga di setiap lini pertumbuhan bisnis dari buka hingga tutup kita berikan layanan melalui produk digital,"  ujar Novi.

Novi berharap adanya literasi digital dan usaha, serta hadirnya berbagai produk digital dari GoTo dapat mendukung upaya pemerintah mencapai target UMKM yang masuk ke dalam ekosistem digital.

Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan jelang peringatan HUT ke-77 RI, mengatakan sebanyak 19 juta UMKM telah masuk dalam ekosistem digital dan ditargetkan sebanyak 30 juta UMKM akan masuk ekosistem digital pada tahun 2024.

Baca juga: Hadirnya layanan GoFood di Tokopedia akan tingkatkan bisnis GOTO

Baca juga: Kemendag sambut GoTo ciptakan ekosistem perdagangan digital

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022