Kediri (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) yang mengelola Jalan Tol Kertosono-Kediri, saat ini melakukan tahap identifikasi dan inventarisasi lahan untuk pembangunan jalan tol tersebut.

Direktur Utama JNK Arie Irianto mengemukakan tahap identifikasi dan inventarisasi merupakan tindak lanjut terbitnya penetapan lokasi (penlok) oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada akhir Mei 2022.

"Saat ini progres pembebasan lahan untuk kedua kabupaten berjalan dengan simultan, diantaranya melakukan pengukuran dan pendataan lahan serta sosialisasi untuk lima kecamatan dan 22 desa dalam penlok yang telah ditetapkan," kata Arie dalam rilis yang diterima Antara, Selasa.

Ia menjelaskan penlok melalui Keputusan Gubernur Jawa Timur pada akhir Mei 2022 tersebut mencakup wilayah Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Kediri. Saat ini tim Panitia Pengadaan Tanah (P2T) kedua kabupaten juga telah terbentuk dan memasuki tahap pelaksanaan tugas.

Baca juga: Jasa Marga berharap penlok Tol Kediri-Kertosono dapat segera terbit

Jika berjalan lancar dan pembebasan lahan sesuai dengan target, lanjut Arie, maka JNK optimistis secara parsial untuk pembangunan konstruksi Tol Kertosono-Kediri dapat dimulai pada 2023. Namun, hal itu tetap dengan catatan progres lahan bebas telah mencapai 75 persen. Selain itu saat ini JNK juga sedang mengejar persetujuan Rencana Teknik Akhir (RTA) untuk jalan tol tersebut.

"PT JNK juga berkomitmen untuk terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam proses penyelenggaraan pembangunan Tol Kertosono-Kediri untuk memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat sekitar," kata Arie.

Jalan Tol Kertosono-Kediri merupakan perpanjangan Tol Ngawi-Kertosono. Sesuai dengan adendum Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) tahun 2019, Tol Kertosono-Kediri memiliki panjang 20,30 kilometer dengan biaya investasi Rp3,9 triliun.

Selain itu jalan tol Kertosono-Kediri direncanakan juga akan mempunyai dua Gerbang Tol (GT) baru yaitu GT Sugihwaras dan GT Kediri.

Baca juga: Kementerian PUPR bakal segera bangun jalan tol Kediri-Kertosono
 

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022