Kami mengimbau pengguna jalan tol yang melintas Tol Ngawi-Kertosono untuk tetap mematuhi aturan berlaku
Madiun (ANTARA) - PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) memastikan kesiapan sarana, prasarana dan personel dalam menghadapi momentum masa mudik dan balik Lebaran 2023 guna mewujudkan lalu lintas di jalan tol yang aman dan nyaman.

Direktur Utama PT JNK Arie Irianto mengatakan kesiapsiagaan tersebut diimplementasikan dengan mengadakan kegiatan "Safety Campaign" dalam rangka menyambut libur Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023.

"Kegiatan Safety Campaign Lebaran 2023 ditandai dengan penempelan stiker Siaga Lebaran 2023 di kendaraan operasional, PJR, dan ambulans," ujar Arie saat pelaksanaan Kegiatan Safety Campaign Lebaran 2023 di Rest Area 597 Madiun, Jawa Timur, Jumat.

Menurut dia, kegiatan Safety Campaign merupakan kesiapsiagaan masa mudik dan balik Lebaran 2023 yang bertujuan menekan tingkat kecelakaan di ruas tol Ngawi Kertosono serta meningkatkan tingkat keselamatan jalan tol lebih aman, lancar dan nyaman bagi pengguna jalan.

Selain menyiagakan sarana dan prasarana, pihaknya juga menambah personel selama masa mudik dan balik Lebaran 2023.

Pihaknya menambahkan JNK senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan dengan memastikan semua produk optimal untuk pengguna jalan yang akan memanfaatkan momen masa mudik dan balik Lebaran 2023.

Baca juga: Jasamarga Solo-Ngawi siapkan antisipasi kemacetan mudik Lebaran 2023

"Kami mengimbau pengguna jalan tol yang melintas Tol Ngawi-Kertosono untuk tetap mematuhi aturan berlaku agar selamat selama perjalanan," kata Arie.

Ia menambahkan, faktor utama penyebab kecelakaan di jalan tol disebabkan karena human eror akibat mengantuk dan lelah serta perilaku agresif pengemudi yang melaju di atas batas maksimal kecepatan.

Sesuai data, jenis kecelakaan yang terjadi di jalan tol di antaranya kecelakaan tunggal 1 persen, kecelakaan beruntun 42 persen dan kecelakaan ganda 57 persen.

Karena itu, PT JNK meminta para pengguna jalan tol agar beristirahat dan tidak memaksakan berkendara saat kondisi lelah dan mengantuk.

Diprediksi akan terjadi peningkatan jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol, utamanya di sepanjang ruas wilayah Ngawi, Madiun dan Kertosono mulai 19 April 2023 seiring dengan dimulainya libur cuti bersama. Sedangkan puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 21 April atau H-1 Lebaran.

Kegiatan Safety Campaign menghadapi momentum masa mudik dan balik Lebaran 2023 selain personel jajaran JNK juga melibatkan personel dari PT Jasamarga Tollroad Operator Ruas Ngawi Kertosono, PJR Polda Jatim, Dishub Pemda dan Polres setempat.

Baca juga: Jasamarga antisipasi kemacetan di gerbang Tol Colomadu

Baca juga: JSN: Puncak arus H-2 Natal di Tol Solo-Ngawi capai 37.042 kendaraan

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023