Yogyakarta (ANTARA) - Pasangan Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah mengamankan tiket ke babak perempat final ajang Fox's Indonesia Para Badminton International 2022 setelah mencetak kemenangan pada babak penyisihan grup A di GOR Amongrogo, Kota Yogyakarta, Rabu.

Ganda campuran SL3-SU5 ini memenangi dua pertandingan atas pasangan Azerbaijan/Australia, Ibrahim Aliyev/Celine Aurelie Vinot 21-9, 21-11 dan ganda Australia/India, Wojtek Czyz/Koshika Devda 21-4, 21-8.

"Meski menang di fase grup, bukan berarti lawannya mudah," ujar Fredy Setiawan usai pertandingan.

Fredy mengakui laga di ganda campuran SL3-SU5 agak berat mengingat kemampuan lawan yang variatif.

Baca juga: Yogyakarta jadi tuan rumah turnamen para-badminton internasional 2022

"Sehingga kami harus pintar mengatur bola dan tidak melakukan kesalahan di atas lapangan," ucap dia.

Fredy dan Khalimatus sebelumnya sukses mempersembahkan medali emas ASEAN Para Games 2022.

Tak hanya di sektor ganda campuran, pria yang mengkoleksi medali perunggu pada Paralimpiade Tokyo 2022 ini juga membela Indonesia di dua nomor lainnya yakni tunggal putra SL 4 dan ganda putra SL3-SL4 berpasangan dengan Dwiyoko.

Di dua sektor tersebut, punggawa Merah Putih ini juga menempati posisi teratas dan berpeluang besar menjejakkan kaki di babak perempat final.

Meski demikian, Fredy tak ingin jumawa dan tetap mewaspadai lawan yang memiliki karakter permainan yang beragam.

"Lawan-lawan dari luar negeri tipenya memang beragam. Jadi, kembali, bila ingin memenangkan kejuaraan ini saya harus fokus pada satu pertandingan ke pertandingan berikutnya dan jangan lengah sehingga hilang konsentrasi," kata Fredy.

Berstatus tuan rumah, skuad Merah Putih yang berjumlah 25 orang dan tersebar di berbagai nomor pertandingan mulai mengamankan tiket perempat final Fox's Indonesia Para Badminton International 2022.

Kejuaraan Fox's Para Badminton Internasional yang berlangsung di Gedung Olahraga (GOR) Amongrogo, Kota Yogyakarta mulai 23 hingga 28 Agustus 2022 diikuti 69 atlet dari 10 negara.

Sebanyak 10 negara yang mengirimkan atletnya adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Jepang, Australia, Selandia Baru, Ajerbaizan, Peru, India, serta Polandia.

Indonesia menerjunkan sebanyak 25 atlet yang seluruhnya adalah atlet-atlet yang sebelumnya berlaga di Asean Para Games 2022.

Baca juga: Atlet dari 10 negara berlaga di Fox's Para Badminton Internasional
Baca juga: Atlet dari 11 negara ikuti Indonesia Para Badminton International 2022

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022