ini untuk siswa baru tahun ajaran 2022/2023
Mukomuko (ANTARA) -
Sebanyak 5.870 orang pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menerima bantuan seragam sekolah gratis dari pemerintah setempat.
 
"Bantuan seragam sekolah gratis ini untuk siswa baru tahun ajaran 2022/2023," kata Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Arni Gusnita di Mukomuko, Rabu.
 
Pemerintah Kabupaten Mukomuko tahun ini mengalokasikan dana sebesar Rp2,7 miliar yang bersumber dari APBD untuk membeli sebanyak 5.870 paket seragam untuk 5.870 pelajar SD dan SMP yang tersebar di daerah ini.
 
Ia menjelaskan, setiap paket seragam sekolah tersebut terdiri dari seragam sekolah merah putih dan putih biru yang dilengkapi topi dan dasi serta baju olahraga untuk pelajar SD dan SMP.
 
Ia mengatakan, saat ini instansinya sedang meminta data sebanyak 5.870 pelajar yang terdiri dari 3.432 pelajar SD dan 2.438 pelajar SMP serta ukuran seragam setiap pelajar kepada pihak SD dan SMP.

Baca juga: 46 ribu pelajar MBR di Surabaya dapat seragam gratis pada Desember ini
 
Sedangkan pembagian seragam sekolah kepada ribuan pelajar di daerah ini menunggu selesai pengadaan barang dan jasa pemerintah, tetapi pembagiannya tetap dalam tahun ini.
 
Ia mengatakan, instansinya menggunakan sistem pengadaan barang dan jasa pemerintah melalui e-katalog untuk membeli sebanyak 5.879 paket seragam untuk pelajar SD dan SMP di daerah ini.
 
"Kami menggunakan sistem pengadaan barang dan jasa pemerintah melalui e-katalog karena pengadaan dengan sistem ini lebih aman dan prosesnya lebih cepat," ujarnya.
 
Selanjutnya penyedia barang dan jasa pemerintah diberikan waktu selama 100 hari setelah penandatanganan kontrak kerja untuk menyelesaikan pekerjaan pengadaan seragam sekolah.
 
Sementara itu, ia mengatakan, program seragam sekolah gratis untuk pelajar SD dan SMP di daerah ini merupakan tindak lanjut dari visi dan misi bupati dan wakil bupati setempat.
 
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022