Jakarta (ANTARA) - Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (Macan) bekerja sama dengan jenama kopi Common Grounds menghadirkan kolaborasi kreatif untuk mempromosikan dan merayakan pameran “Agus Suwage: The Theater of Me”.

Kerja sama tersebut dimulai dengan dibukanya kafe pop-up Common Grounds di Museum Macan pada Mei lalu yang kini diperluas ke sebelas outlet.

Pengunjung Common Grounds dapat melihat promosi Agus Suwage: The Theater of Me dalam bentuk poster, sarung gelas kopi, dan alas piring yang dipajang di seluruh outlet, serta diskon tiket untuk berkunjung ke Museum Macan.

Proyek spesial juga dibuat untuk merayakan pameran yang sedang berlangsung di Museum. Common Grounds membuat kue pastri yang terinspirasi dari Agus Suwage, dengan bantuan dan masukan dari sang perupa.

Dari diskusi dengan Agus Suwage, Common Grounds menghadirkan kukis bernama Salted Caramel Popcorn yang tersedia di outlet di Museum Macan mulai 24 Agustus 2022.

Kukis tersebut bertekstur lembut berisi berondong jagung rasa karamel, miso karamel, dan kacang hazelnut, yang di atasnya dihiasi kukis gula cokelat berbentuk tengkorak yang terinspirasi dari karya-karya Agus Suwage yang kerap menghadirkan wujud tengkorak.

“Ini merupakan kolaborasi yang menyenangkan, yang mempertemukan makanan, kopi, perupa, serta publik. Kreativitas adalah jantung dari kerjasama ini dan kami tidak sabar untuk menantikan apa yang akan hadir setelah ini,” Direktur Museum Macan Aaron Seeto melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Menurut Aaron, kolaborasi tersebut akan membawa pameran “Agus Suwage: The Theater of Me” kepada publik yang lebih luas dengan cara yang lebih mudah didekati.
Poster "Agus Suwage: The Theater of Me" di Common Grounds Citywalk, Sudirman, Jakarta. (ANTARA/HO-Common Grounds)


Co-founder Common Grounds Aston Utan berharap kolaborasi antara kedua pihak dapat menjadi riak yang mampu menembus banyak batasan dan kalangan untuk mendalami dan menghargai karya seni secara langsung.

“Karena seperti kopi, sebuah karya dapat lebih ‘berbicara’ ketika dinikmati dengan lebih dari satu indera,” tutur Aston.

Sebagai bagian dari kemitraan, Museum Macan dan Common Grounds memberikan promo spesial yang berlaku hingga pameran berakhir pada 15 Oktober 2022.

Pelanggan yang membeli minuman di seluruh outlet Common Grounds akan mendapatkan sarung gelas eksklusif “Agus Suwage: The Theater of Me” yang memuat penawaran khusus untuk pembelian tiket museum di konter tiket Museum Macan di lantai 2, Jakarta.

Baca juga: Pameran Tirtha Agra Rupa teruskan spirit adiluhung estetika pita maha

Baca juga: Karya Djoko Pekik ikut dipajang di pameran seni lukis nasional Kalsel

Baca juga: "Terupa Festival" hadirkan karya seniman NFT di Bali

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022