Jakarta (ANTARA) - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menandatangani nota kesepahaman kerja sama dengan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) tentang Sinergi Pengembangan Inovasi Kebijakan Investasi dan Peningkatan Skala Usaha di kalangan ILUNI UI.

Deputi Kerjasama Penanaman Modal Riyatno dalam pernyataan di Jakarta, Kamis, menyatakan Kementerian Investasi/BKPM telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, baik kementerian/lembaga maupun dunia usaha, untuk membantu memberikan legalitas kepada pelaku usaha, khususnya pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

Ia berharap adanya nota kesepahaman ini akan mempermudah perizinan berusaha bagi pelaku UMK akan semakin lancar.

"Dengan adanya target Presiden Joko Widodo kepada Kementerian Investasi/BKPM untuk dapat memfasilitasi sebanyak-banyaknya pelaku usaha yang mendapatkan NIB, maka kami bekerja sama dengan berbagai pihak. Kerja sama dengan ILUNI UI ini diharapkan dapat mendekatkan kami dengan para alumni yang memiliki kegiatan usaha agar dapat memfasilitasi perizinannya," kata Riyatno.

Kementerian Investasi/BKPM merupakan lembaga pengelola sistem Online Single Submission (OSS), sesuai amanat Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU CK) dan aturan turunannya yaitu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

Oleh karena itu, Kementerian Investasi memandang pentingnya bersinergi dengan berbagai pihak seperti kementerian/lembaga, dunia usaha termasuk juga dengan wadah alumni universitas dalam rangka percepatan implementasi reformasi perizinan berusaha.

Baca juga: Kementerian Investasi fasilitasi pelaku UMK Yogyakarta urus NIB

Sinergi itu juga dimaksudkan agar pemerintah dapat lebih efektif dalam mendiseminasikan kebijakan serta melakukan evaluasi atas pelaksanaan perizinan usaha berbasis risiko.

Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian menyampaikan selama ini ILUNI UI sudah cukup banyak membantu pemerintah dalam meningkatkan inovasi dan kebijakan investasi seperti menyelenggarakan diskusi terkait investasi dan ekonomi.

"Sebelumnya, kami telah menyelenggarakan kegiatan pembagian NIB untuk pedagang kantin di seluruh UI. Ke depan, mudah-mudahan akan semakin banyak kegiatan yang bisa dikerjasamakan," ungkapnya.

Andre mengatakan ada sekitar 120.000 alumni UI yang terdaftar lewat UI Connect dari total 450 ribu alumni, yang berasal dari 18 fakultas dan vokasi.

"Dengan latar belakang dari fakultas yang berbeda-beda, kami harap ILUNI UI dapat berkontribusi dalam memperkaya kebijakan investasi dan meningkatkan peran dalam membuat UMKM naik kelas. Kami siap mendukung Kementerian Investasi/BKPM," ujar Andre.

Ada pun ruang lingkup nota kesepahaman yang ditandatangani kedua pihak mencakup diseminasi informasi perizinan berusaha dan kebijakan di bidang investasi; dukungan pengembangan inovasi kebijakan investasi; dukungan peningkatan skala usaha; fasilitasi perizinan berusaha bagi pelaku UMKM; fasilitasi penyelesaian hambatan berusaha bagi pelaku UMKM; pendidikan dan Pelatihan; dan kegiatan lain yang disepakati oleh para pihak.

Baca juga: Kementerian Investasi bagikan NIB untuk 300 UMK Mataram

Baca juga: Kementerian Investasi sosialisasi NIB ke pelaku UMK Banyuwangi


 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022