Jakarta (ANTARA) - Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) mulai melakukan kunjungan ke Nusa Tenggara Timur (NTT) guna mengecek fasilitas calon tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XII/2028.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis, tim yang dipimpin Suwarno tiba pada Rabu (24/8) dan langsung mengunjungi sejumlah tempat pertandingan serta fasilitas, utamanya di sekitar Kota dan Kabupaten Kupang.

Sebagai calon tuan rumah PON 2028, NTT berencana menjadikan Kupang sebagai lokasi mayoritas bergulirnya pertandingan. Sisanya diusulkan di pulau berbeda seperti di Sumba Timur dan Labuan Bajo, serta Ende.

Kunjungan TPP KONI diawali paparan Ketua KONI NTT sekaligus Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi di Kantor Gubernur.

Kota Kupang memiliki andalan antara lain Gelanggang Olah Raga (GOR) Flobamora yang disiapkan untuk cabang olahraga bela diri taekwondo dan kempo.

Dekat GOR tersebut juga sudah ada Stadion Oepoi yang diperuntukkan alternatif pertandingan untuk cabang atletik dan kricket.

Baca juga: NTB terus berbenah untuk sukseskan pencalonan tuan rumah PON 2028

Cabang bela diri banyak dipertandingkan di NTT dibanding Nusa Tenggara Barat (NTB) yang juga menjadi pasangan tuan rumah PON XII/2028.

Cabang lainnya tersebar di auditorium perguruan tinggi Politeknik, Universitas Negeri Nusa Cendana, dan Universitas swasta seperti Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) yang memiliki arena olahraga di dalam ruangan maupun luar ruangan.

Selain fasilitas yang sudah ada, TPP KONI juga meninjau lahan yang direncanakan dibangun sebagai stadion utama yang berada di atas ketinggian yang juga dicanangkan sebagai arena olahraga dayung.

KONI NTT juga menunjukkan beberapa fasilitas gedung dan stadion yang sudah jadi di Kabupaten Kupang yang dapat dijadikan lebih dari satu arena dengan kelengkapan peralatan dan IT sistemnya.

TPP KONI menginventarisasi venue yang disiapkan calon tuan rumah yang nantinya akan menjadi bahan pertimbangan keputusan disetujui tidaknya NTT dan NTB sebagai tuan rumah PON XXII/2028 pada Musornas anggota KONI pada 12-13 September 2022 di Jakarta.

Tim Penjaringan KONI selanjutnya akan melakukan peninjauan ke Kota Ende dan Labuan Bajo yang juga direncanakan menjadi tempat pertandingan.

Baca juga: KONI Pusat mulai bergerak mencari tuan rumah PON XXII/2028
Baca juga: NTT dan NTB resmi daftar jadi tuan rumah PON 2028

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022