Sofia (ANTARA) - Mack Rutherford (17), seorang penerbang keturunan Belgia-Inggris, menjadi pilot termuda yang terbang seorang diri keliling dunia.

Prestasi Mack diakui oleh Guinness World Records, yang memberikan dua sertifikat setelah pria kelahiran 21 Juni 2005 itu mendarat di Sofia, Rabu (24/8).

"Saya sangat senang. Ini perjalanan yang sangat menyenangkan, sangat menarik," kata Mack kepada wartawan usai mendarat di Sofia.

Penghargaan itu diberikan kepada Mack sebagai pria termuda yang mengelilingi dunia dengan pesawat terbang secara solo atau sendirian dan sebagai pria termuda yang mengelilingi dunia dengan pesawat ultraringan secara solo atau sendirian.

Mack lepas landas dari Sofia pada 23 Maret dan mendarat lagi di bandara itu setelah terbang melewati 52 negara dengan waktu terbang sekitar 250 jam.

Bulgaria menjadi titik awal dan akhir perjalanan yang disponsori oleh perusahaan Bulgaria ICDSoft. Mack mengakui perjalanannya selama lima bulan itu benar-benar menakjubkan.

"Saya sudah yakin bahwa saya ingin terbang sejak saya berusia 11 tahun, setelah terbang ratusan jam bersama ayah saya, seorang pilot profesional. Ketika saya berusia 15 tahun tiga bulan, saya menerima lisensi pilot pesawat ultraringan yang menjadikan saya kala itu sebagai pilot termuda di dunia. Sejak itu, saya juga telah dua kali terbang melintasi Samudera Atlantik," ujarnya.

Mack mengalami beberapa momen sulit selama perjalanannya, namun dia tak pernah menyerah.
 
   

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022