Jakarta (ANTARA) - Platform teknologi kesehatan (telemedis) AlteaCare berkolaborasi dengan Garda Medika dari Asuransi Astra untuk memberikan kemudahan layanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya bagi para pasien rawat jalan.

"Memasuki era transisi endemi kondisi finansial masyarakat kita masih cenderung belum pulih, namun di lain sisi kesehatan tetap perlu dijaga dari berbagai risiko penyakit, dengan adanya asuransi kesehatan di AlteaCare ini membuat masyarakat merasa menjadi lebih aman dari berbagai risiko kehidupan. Untuk itu, kami bekerja sama dengan Garda Medika dari Asuransi Astra guna menjawab kebutuhan tersebut," kata Chief Executive Officer AlteaCare Mikaela Oen dalam keterangannya, Kamis.

Tidak hanya penggunaan telemedis yang bertumbuh, kebutuhan akan asuransi pun bertumbuh, bahkan angkanya meningkat tahun ini.

Baca juga: Dirjen Aptika apresiasi klinik yang perkaya sistem "health tech"

Menurut data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), terjadi peningkatan klaim asuransi kesehatan pada kuartal I/2022 sebesar 28,3 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Perkembangan ini dinilai harus ditangkap dengan kolaborasi yang baik antara pelaku telemedis, asuransi dan rumah sakit demi memberikan layanan kesehatan yang lebih baik pada masyarakat.

"Diharapkan kolaborasi ini bisa mewujudkan peace of mind bagi para peserta Garda Medika yang membutuhkan layanan terintegrasi, kemudahan, kenyamanan serta keamanan," kata Direktur Operasional Asuransi Astra Hendry Yoga.

Dengan adanya kerja sama antara AlteaCare dan RS Mitra Keluarga dengan Garda Medika, peserta Garda Medika dapat menikmati layanan telemedis via fitur e-consultation pada aplikasi Garda Mobile Medcare yang telah terintegrasi dengan Alteacare, dengan dokter umum dan spesialis di 16 cabang RS Mitra Keluarga di seluruh Indonesia secara cashless dengan memotong limit benefit Rawat Jalan peserta.

Adapun benefit lainnya yang didapat adalah tidak adanya biaya administrasi dan biaya pengiriman obat yang terjangkau. Khusus pada bulan Agustus ini, tersedia promo Rp0 untuk konsultasi dokter.

Baca juga: Good Doctor pastikan keamanan data pengguna dengan ISO 27001

Baca juga: RSCM luncurkan aplikasi SmartRSCM guna mudahkan layanan kesehatan

Baca juga: Acibadem Healthcare hadirkan kantor informasi di Jakarta

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022