Jakarta (ANTARA/JACX) - Minimarket Alfamart menjadi perbincangan warganet pada pertengahan Agustus menyusul kasus intimidasi terhadap salah seorang karyawan mereka.

Namun pada 19 Agustus 2022, muncul unggahan lain tentang Alfamart. Toko ritel itu disebut-sebut membagikan hadiah mobil dan belanja gratis sebagai peringatan HUT ke-77 RI.

Unggahan yang muncul di Facebook itu menyebut hadiah mobil dan belanja gratis akan diberikan kepada lima pemenang. Sedangkan program undian itu berlaku hingga 31 Agustus 2022.

Terdapat tiga foto pelengkap yang menampilkan karyawan Alfamart memberikan hadiah kepada sejumlah pelanggan, serta foto bersama sejumlah orang di depan toko.

Sementara pada kolom komentar akun bernama Alfamart Club itu, terdapat tautan bagi konsumen yang ingin mendaftarkan undian berhadiah mobil dan belanja gratis itu.

Namun, benarkah Alfamart membagikan hadiah mobil dan belanja gratis sebagai salah satu program peringatan HUT ke-77 RI?
 
Unggahan hoaks yang menyebut Alfamart membagikan hadiah mobil dan belanja gratis. (Facebook)


Penjelasan:
Ritel Alfamart, melalui unggahan di akun resmi mereka di Instagram, membantah kabar undian berhadiah mobil dan belanja gratis yang tersebar di Facebook.

Pada unggahan 16 Agustus itu, Alfamart meminta warganet dan konsumen mereka untuk berhati-hati terhadap informasi yang muncul di akun-akun yang mengatasnamakan perusahaan itu, atau bukan akun resmi.

"Jika menemukan informasi serupa, sahabat bisa melakukan konfirmasi ke nomor 1500-959 atau alfacare@sat.co.id," demikian keterangan resmi Alfamart.

Pada unggahan yang telah dilabel "penipuan", akun resmi Alfamart juga menunjukkan contoh lain penipuan berupa hadiah sebesar Rp13 juta kepada konsumen.

Pemberian data-data pribadi ke tautan yang tidak resmi seperti pada unggahan di Facebook itu berpotensi menjadi pencurian dan penyalahgunaan data pribadi.

Klaim: Alfamart bagikan mobil dan belanja gratis
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Rp500 ribu untuk aktifkan IMEI ponsel hadiah

Baca juga: Alfamart tempuh jalur hukum terkait intimidasi karyawan di Cisauk

Baca juga: Kejagung periksa Presdir Alfamart terkait perkara CPO

Pewarta: Tim JACX
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022