Palangka Raya (ANTARA) - Pebalap-pebalap sepeda top dunia akan menjajal sirkuit Stadion Tuah Pahoe di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat 26 Agustus esok, kata Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Pusat Indra Dhani di Palangka Raya, Kamis.

Indra mengatakan mereka akan berlatih di stadion itu sebelum berlomba pada Minggu 28 Agustus.

"Total atlet sepeda yang akan melaksanakan latihan di Stadion Tuah Pahoe sebanyak 50 orang. Itu juga sudah termasuk atlet dari mancanagara dan tim nasional Indonesia," kata Indra.

Tadinya atlet mancanagara yang sudah datang sejak Rabu siang kemarin akan menjajal sirkuit itu sore hari ini, namun para pebalap top dunia keberatan berlatih siang hari karena kelelahan.

Begitu menginjakkan kaki di Kalimantan Tengah, mereka disambut oleh prosesi adat Dayak, tarian adat dan konvoi mengelilingi alun-alun kota malam harinya.

Baca juga: Pebalap sepeda dunia terkesan dengan keindahan trek di Palangkaraya

"Latihan mereka akan dilanjutkan besok sejak pukul 13.00 WIB sampai selesai," kata Indra.

PB ISSI menuturkan atlet asing itu pasti mengikuti UCI MTB Eliminator World Cup 2022 seri ke-8 di Palangka Raya itu berasal dari 20 negara.

Para atlet sepeda Indonesia datang lebih awal sehingga sudah berlatih dan menjajal sirkuit yang sengaja dipoles untuk para pesepeda top dunia.

18 atlet sepeda gunung Indonesia akan berlatih di Stadion Tuah Pahoe, pagi dan sore hari.

Panitia dan aparat keamanan akan menggelar gladi bersih Jumat esok. Polda Kalteng akan menerjunkan 1.000 personel agar  ajang internasional ini berjalan lancar dan aman.

Baca juga: Atlet Indonesia matangkan kesiapan hadapi kejuaraan dunia sepeda

Pewarta: Kasriadi/Adi Wibowo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022