Nanjing (ANTARA) - Berbagai pencapaian dalam penelitian ilmiah terbaru di sejumlah bidang, termasuk jaringan deterministik dan 6G, dirilis pada Rabu (24/8) di Nanjing, ibu kota Provinsi Jiangsu, China timur.

Purple Mountain Laboratories, platform inovasi utama di bidang jaringan dan komunikasi, mengumumkan terobosan besar dalam sistem jaringan deterministik area luas pada Konferensi Pengembangan Jaringan Masa Depan (Future Network Development Conference) ke-6 yang resmi dibuka pada Rabu.

Sistem jaringan deterministik area luas yang mencakup 35 kota di China termasuk Beijing, Shanghai dan Nanjing itu menyimulasikan sistem rel kereta cepat di China serta mampu mencapai nol kegagalan paket data (data packet loss) dan latensi rendah.

Sistem ini diharapkan dapat membantu memberdayakan aplikasi-aplikasi ekonomi digital seperti layanan telemedisin serta kendaraan pintar dan terkoneksi (intelligent and connected vehicle/ICV), kata Liu Yunjie, seorang akademisi dari Akademi Teknik China (Chinese Academy of Engineering), dalam konferensi tersebut.

Sistem operasi jaringan komputasi dan platform uji transmisi nirkabel 6G juga dipamerkan dalam konferensi tersebut. Jika dibandingkan dengan 5G, platform 6G dapat sangat meningkatkan kapabilitas teknologi transmisi nirkabel.

Menampilkan berbagai teknologi jaringan paling mutakhir, konferensi yang diselenggarakan selama dua hari secara daring dan luring ini berhasil menarik lebih dari 1.000 peserta termasuk para pakar dan perwakilan perusahaan dari China Mobile, China Telecom, dan Huawei. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022